3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

2 Tips Menjadi Wanita Yang Pandai Bersyukur

0 10

Di kesempatan kali ini saya akan membagikan video kajian wanita berjudul wanita wanita yang pandai bersyukur oleh ustadz nuzul dzikry. Tahukah anda ternyata penghuni neraka mayoritas adalah kaum wanita, kenapa? Ternyata salah satu sebab terbesar adalah karena kufur nikmat. Di video kajian kita akan mempelajari tips tips bagaimana menjadi wanita yang pandai bersyukur.

Profil singkat ustadz Muhammad Nuzul Dzikri

Dilansir penulis dari website pribadi beliau https://www.muhammadnuzuldzikri.com Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri, LC (lahir di Jakarta, 1983), adalah seorang pendakwah (ustadz) Indonesia yang berasal dari DKI Jakarta.

Kehidupan & Pendidikan

Masa kecil beliau -hafizhahullah- dari TK hingga SMU beliau habiskan di DKI Jakarta, kemudian melanjutkan ke jenjang berikutnya di Imam Muhammad bin Su’ud University mengambil fokus jurusan Ilmu Pengetahuan Syariah dengan tahun kelulusan 2009 serta skripsi

2 Tips Menjadi Wanita Yang Pandai Bersyukur 1
(Studi Perbandingan Antara Hukum Pernikahan dengan Fiqih Islam).

Beliau sempat melanjutkan ke jenjang berikutnya di universitas yang sama dengan fokus pembelajaran pada fakultas I’dad Lugowi pada tahun 2010.

Aktivitas

Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri aktif di berbagai kegiatan dakwah di Indonesia, di antaranya mengisi rutin kajian kitab Tadzkirotus Saami’ Wal Mutakallim Fii Adabil ‘Alim Wal Muta’allim karya Imam Ibnul Jama’ah -rahimahullah- di Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta Selatan pada setiap hari Sabtu, ba’da maghrib. Selain itu beliau juga mengisi untuk narapidana di Lembaga Permasyarakatan Pondok Bambu pada setiap pekannya. Serta pernah menjadi pemateri regular pada kajian “The Rabbaanians” dan bagi Youth Islamic Club Study (YISC) Al Azhar di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta.

Beliau sempat menjadi pemateri lepas di Institut Pemerintah Dalam Negeri II P, Cliandak, Jakarta dan beberapa kajian lepas, di antaranya kepada audiens mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2013-2014, kepada staff PT. Aneka Tambang di Wisma Antam pada tahun 2014, kepada audiens di PTIK sebagai ekstrakurikuler dan secara regular pun di Radio Elshinta pada setiap bulan Ramadhan.

Pada tahun 2014 sempat menjadi pemateri tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian – PTIK untuk program ekstrakurikuler keagamaan. Selain Indonesia, beliau juga mengisi kajian sebagai pemateri juga di beberapa negara, di antaranya Uni Emirat Arab, Tunisia, Oman dan lainnya. Beliau sempat berkesibukan di Takhassus Bahasa Arab Al Barkah sebagai Kepala Ilmu Pengetahuan Syariah selama lima tahun, pada kisaran 2010 hingga tahun 2015.

Tips Pertama menjadi wanita yang pandai bersyukur adalah pintar melihat

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

انظروا إلى من هو أسفل منكم ولا تنظروا إلى من هو فوقكم ، فهو أجدر أن لا تزدروا نعمة الله عليكم

Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kata ibnu Hajar Al asqolani inilah obat, obat dari penyakit kufur nikmat, selalu lihat yang di bawah kita, selalu bersyukur.

Yang juga menarik :
1 daripada 2

Ada sebuah motivasi yang sangat menarik dari abdullah al-mubarak kurang lebih intinya adalah sebagai berikut:

“Bertambahnya akhirat kalian terjadi karena berkurangnya dunia kalian, begitupun berkurangnya akhirat kalian terjadi karena bertambahnya dunia kalian”

Di saat dunia kita berkurang saat itulah akhirat kita bertambah, jika kita tepat dalam menyikapinya, jika saat itu kita bisa dengan ikhlas menerima takdir.

Akhirat kita berkurang seiring dengan bertambahnya dunia kita, misalkan kita semakin lalai dengan ketaatan, waktu kita banyak berkurang untuk ketaatan, sholat malam kita, puasa kita dll

Tips Kedua adalah do’a

Berdoa minta di jadikan wanita yang paling pandai bersyukur, kita sering berdoa minta uang, minta anak. Akan tetapi kita sering lupa bersyukur jika telah allah kasih uang, anak.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Al-Mukmin : 60)

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim : 7)

Contoh do’a

Contoh doa yang di ajarkan di dalam alqur’an adalah di Surat Al-Ahqaf Ayat 15, sebenarnya masih banyak doa yang lain yang ustadz ajarkan di dalam kajian

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. (QS. Al-Ahqaf : 15)

Rekaman video kajian wanita yang pandai bersyukur

Sumber Channel youtube ustadz muhammad nuzul dzikri tafsirweb.com website ustadz muhammad nuzul dzikri
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja
Loading...