3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Struktur Direktori Linux

Hallo sobat, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan struktur direktori pada linux. Linux adalah system operasi sumber terbuka yang sedang naik daun saat ini, bukan saja para pecinta open source di perangkat pc mereka, akan tetapi sekarang hampir setiap orang memakai linux dari anak-anak sampai ibu-ibu semua memakai linux di genggaman mereka. Ya, smartphone berbasis android yang sekarang hampir tiap orang memakai dibangun di atas kernel linux https://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi) .Penasaran bagaimana struktur file direktori di android dan linux anda? silahkan sobat baca sampai habis ya.

diagram system direktori linux
filesystem hierarchy standart of linux

Struktur direktori Linux sangat berbeda dengan struktur direktori windows/dos dimana dalam Linux tidak akan ditemukan drive a, drive c dan drive lainnya karena Linux menganut satu direktori utama yaitu / dibaca root, perhatikan ada user root, ada /root (dibaca slash root) hal ini merupakan sesuatu yang berbeda.

Penjelasan Struktur Direktori Linux

Silahkan sobat buka Nautilus kalo pake xfce atau nemo seperti punya saya kalo memakai cinnamon yang berjalan di atas os manjaro, cari /.

struktur direktori linux di nemo
struktur direktori linux di nemo cinnamon desktop

1. /bin

Direktori yang berisi binary files yang dapat dieksekusi oleh users system. Direktori ini menghandle perintah perintah standar GNU/Linux diantaranya ls, cp, mv dan beberapa lainnya.

2. /boot

Direktori yang berisikan file-file yang dibutuhkan saat proses booting termasuk didalamnya adalah kernel image GNU/Linux.

3. /dev

Direktori yang merepresentasikan/mewakili device hardware. Dalam GNU/Linux everything is files, semua device hardware komputer berada dibawah direktori ini.

4. /etc

Direktori yang berisi file-file konfigurasi system. File-file konfigurasi ini dibutuhkan oleh paket-paket lain untuk menjaga prilaku system.

5. /home

GNU/Linux merupakan sistem operasi yang mendukung multiuser. Kebijakan keamanannya sangat ketat, olehnya itu direktori /home merupakan home direktori atau area kerja dari masing-masing user GNU/Linux kecuali user root (super user).

6. /lib

Merupakan direktori file-file library GNU/Linux yang mendukung binary files baik yang berada didirektori /bin maupun /sbin.

7. /mnt

Direktori yang disiapkan untuk mounting point device storage.

8. /media

Direktori memounting/mengaitkan media removable storages seperti harddisk eksternal, floppy disk, cdrom/dvdrom, flashdisk, digital kamera maupun media lainnya.

Yang juga menarik :
1 daripada 3

9. /opt

Direktori yang berisi optional application software packages. Diharapkan dengan adanya direktori ini manajemen paket aplikasi tambahan dapat dilakukan dengan mudah.

10. /proc

Merupakan direktori yang unik yang dinamis karena direktori ini berisi virtual file system yang menyediakan akses informasi kernel secara realtime.

11. /root

Direktori ini pada prinsipnya sama dengan direktori /bin yang berisi file-file binary. Namun direktori /sbin ini hanya dapat diakses oleh user root dalam kondisi sistem normal. Users biasa tidak memiliki akses untuk menjalankan binary files di direktori ini

12. /sbin

Home direktori khusus super user (user root). Direktori ini sengaja dipisahkan dari direktori home user biasa di/home untuk menghandle jika partisi /home gagal di mounting maka system secara keseluruhan dapat diselamatkan oleh root. /root dibaca slash root.

13. /tmp

Direktori yang berisi temporary files artinya file-file yang sifatnya hanya dibutuhkan sekali saja. Direktori ini dapat diakses oleh semua users sistem.

14. /usr

Bisa dikatakan sebagai direktori utama dibawah main direktori tempat diletakkannya file-file program aplikasi, dokumentasi, source kernel dan x-window system dari distribusi GNU/Linux yang digunakan.

15. /var

Direktori tempat menampung file-file log system, spool files dan temporary e-mail files. Direktori ini sangat berguna untuk mengecek jejak kelakuan pengguna dan sistem GNU/Linux.

Mungkin daftar di atas akan sedikit berbeda di linux pc atau android sobat, tergantung dari versi OS itu sendiri distro sobat dan aplikasi yang sobat install, akan tetapi pada dasarnya sama.

Gambaran Struktur Direktori Linux

Sebelum kita mengeksplorasi perintah yang digunakan untuk menjalankan lingkungan Linux yang insha allah akan kita bahas di artikel-artikel selanjutnya, sebaiknya kita melihat sekilas struktur lingkungan itu sendiri.

Pengguna Microsoft Windows akan menemukan sistem berkas Linux menjadi struktur yang familiar karena pada dasarnya sama. Anda bisa memikirkan sistem berkas Linux sebagai pohon terbalik. Lihat diagram di dibawah ini :

struktur direktori linux
struktur direktori linux dalam diagram pohon yang terbalik

Tidak seperti pohon ya, Okelah gpp sobat bayangkan saja seperti pohon yang terbalik. Dalam diagram ini, dogs dan cats adalah direktori. dogs berisi tiga file, sedangkan cats berisi dua file.

Kami berharap artikel ini membantu Anda belajar memahami struktur direktori linux pada umumnya dan seluruh turunannya termasuk android.

Jika Anda menyukai artikel ini, mohon berlangganan mailing list untuk mendapatkan update langsung ke inbox anda, atau sobat bisa juga berlangganan di social media kami.

Terima kasih telah berkunjung.

Subscribe to our newsletter
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Increase your website's conversion rate with messages like this. Calls to Action.
Hey psst!...Start selling today
Get MasterPopups
Contact Us
Or
Powered by MasterPopups
Your offer is still here!