10 Sistem Operasi Terbaik Berbasis Unix

Indahnya Berbagi:
  •  
  •  
  • 2
  •  
  •  

Sistem operasi UNIX dibuat lebih dari empat dekade yang lalu di Laboratorium Bell AT & T. Dengan perkembangan terus menerus sejak awal, UNIX telah membuat kehadirannya dari perangkat embedded kecil ke server dan superkomputer. Artikel ini memberikan sejarah singkat, philosophy , spesifikasi UNIX dan membahas sepuluh sistem operasi terbaik dari sistem operasi berbasis UNIX.

Pada artikel lalu kita telah membahas distro linux ringan, yang perlu sobat tahu linux sendiri adalah sistem operasi terbaik yang terinspirasi Unix atau istilahnya Unix-like, nah pastinya sobat pengen tahu to contoh contoh sistem operasi UNIX, yuk kita bahas sedikit 10 contoh Sistem Operasi Terbaik Berbasis UNIX.

Daftar isi:

  1. Sejarah singkat UNIX.
  2. Filosofi UNIX.
  3. Single UNIX Specification (SUS) dan POSIX.
  4. Munculnya sistem operasi UNIX-like
  5. 10 Sistem Operasi Terbaik Berbasis UNIX.
    1. Oracle Solaris.
    2. Darwin.
    3. IBM AIX.
    4. HP-UX.
    5. FreeBSD.
    6. NetBSD.
    7. Microsoft/SCO Xenix.
    8. SGI IRIX.
    9. TRU64 UNIX.
    10. macOS

1. Sejarah singkat UNIX

10 Sistem Operasi Terbaik Berbasis Unix

Dalam hal dunia sistem operasi, UNIX memiliki sejarah panjang. Pada tahun 1960-an, MIT bersama dengan General Electric (GE) dan AT&T’s Bell Laboratories mengerjakan proyek penelitian untuk membuat sistem operasi baru yang disebut MULTICS (Multiplexed Operating and Computing System). Multics digadang sebagai time-sharing utilities untuk mendukung layanan listrik dan layanan telepon. Sistem operasi Ini memiliki banyak fitur; beberapa di antaranya adalah ketersediaan tinggi, sistem file hirarkis, keamanan sampai desain modular (memungkinkan menambahkan sumber daya sementara sistem berjalan), command processor (seperti shell), dynamic linking, reconfiguration online. Multics dikembangkan awalnya untuk mainframe GE-645 lalu kemudian Honeywell melanjutkannya pada mesin Honeywell 6180-nya.

Namun, Bell Labs keluar dari proyek multics dan memulai pengembangan sistem operasi baru untuk mesin PDP-7. Ken Thompson (salah satu pengembang multics) bergabung dengan Dennis Ritchie dan anggota tim untuk mengembangkan sistem operasi multi-tasking baru yang disebut UNICS (Uniplexed Operating and Computing System). Hal ini dianggap sebagai sistem operasi UNIX pertama. Unix dirancang untuk menjadi sistem operasi yang portabel, multi tasking dan multi pengguna. Konon orang yang pertama menemukan kata UNIX adalah Brian Kernighan. Kata UNIK diucapkan sebagai pronounce dari kata Yoo-niks, bukan Yoo-neeks atau Yoo-nucks. Pada tahun 1972, UNIX ditulis ulang dalam bahasa C setelah diporting dari bahasa assembly, yang membuat UNIX jauh lebih fleksibel.

Pada akhir tahun 1970-an AT&T’s Bell Labs melicensikan UNIX kepada pihak luar. Kode sumber UNIX tersedia secara gratis. Gerbang yang dibuka ini membuat UNIX menjadi sistem operasi dengan varian yang berbeda, sistem operasi yang dapat di kostumisasi berdasarkan kebutuhan. Saat itu ada dua versi dasar UNIX yang tersedia: Sistem V dan Berkley Software Distribution (BSD) Mayoritas dari semua Sistem Operasi Terbaik berdasarkan Unix dibangun atas dasar salah satu dari kedua versi ini. Pada awal 1980an, dampak dari sistem operasi UNIX di kalangan akademisi menyebabkan adopsi sistem operasi UNIX dengan skala luas. Termasuk oleh vendor komersial dari HP-UX, Solaris, AIX, dan Xenix. Dengan lebih dari empat dekade pengembangan konstan, UNIX muncul sebagai sistem operasi yang sukses yang berjalan dari perangkat kecil, servers, komputer desktop sampai superkomputer.

UNIX-wikipedia

2. Filosofi UNIX

Ken Thomson dan pengembang Unix membentuk seperangkat norma budaya untuk mengembangkan perangkat lunak yang dikenal sebagai “UNIX philosophy.” Ini menekankan UNIX dibangun atas asas sederhana, modular, dan software yang dapat dikembangkan dan di maintain (di rawat) dengan mudah. Filosofi UNIX dirangkum sebagai berikut:

  1. Kecil itu indah.
  2. Membuat setiap program melakukan sesuatu hal dengan baik.
  3. Untuk melakukan pekerjaan baru, bangunlah program lama yang agak menyulitkan dengan menambahkan “fitur” baru.
  4. Harapkan output dari setiap program untuk menjadi masukan ke program lain, yang belum diketahui.
  5. Tulislah program untuk bekerja sama.
  6. Tuliskan program untuk menangani aliran teks, karena itu adalah antarmuka universal.
  7. Bangun prototipe sesegera mungkin.
  8. Pilih portabilitas atas efisiensi.

3. Single UNIX Specification (SUS) dan POSIX.

Single UNIX Specification (SUS) mengacu pada standar untuk sistem operasi, aturan yang harus dipenuhi sebagai syarat kualifikasi untuk menggunakan label “UNIX”. Saat ini, merek dagang UNIX® dimiliki oleh “The Open Group”. The Open Group menyediakan program sertifikasi untuk sistem operasi agar bersertifikat secara resmi sebagai UNIX® dan POSIX-compliant.

4. Munculnya sistem operasi UNIX-like

Di akhir 1980an, Andrew S Tanenbaum menciptakan sebuah sistem operasi kecil baru yang disebut Minix untuk tujuan pendidikan. Minix 1.0 memiliki 12.000 baris kode C. Diketahui bahwa prinsip desain Minix sangat mempengaruhi Linux Torvalds untuk mengembangkan Linux dari awal sebagai MULTIC yang dipengaruhi UNIX. Linux adalah sistem operasi terbaik yang POSIX-compliance. Pada tahun 2001, The Linux Standard Base (LSB) dibentuk untuk menstandarkan internal struktur distribusi Linux. Saat ini, ada lebih dari 600 distribusi Linux aktif.

5. 10 Sistem Operasi Terbaik Berbasis UNIX

Kode sumber Unix yang tersedia secara bebas membuat para vendor dengan mudah bisa merubah kode sesuai kebutuhan mereka. Hal ini menghasilkan perkembangan pesat dalam kode sumber UNIX dan melahirkan banyak varian UNIX. Meskipun sulit untuk menentukan berapa banyak sistem operasi berbasis UNIX yang ada, jumlah varian UNIX dapat menjadi ratusan (termasuk yang masih aktif / dan tak aktif).

Langsung saja kita masuk ke dalam pembahasan utama kita yaitu sepuluh sistem operasi terbaik berbasis UNIX (baik yang aktif maupun yang sudah dihentikan) yang membuat dampak sendiri terhadap evaluasi ever-green UNIX.

Maaf supaya artikel tidak terlalu panjang, saya pecah jadi 3 Page, berikutnya adalah 10 contoh sistem operasi terbaik berbasis UNIX berikut keterangan singkatnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: