10 Perintah Dasar Linux Yang Harus Diketahui oleh Setiap Pemula Linux

Indahnya Berbagi:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

10 perintah dasar linux untuk pemula.

Linux identik dengan terminal dimana kita mengetikkan perintah – perintah di dalamnya, tapi sekarang banyak distro linux ringan seperti posting yang lalu bukan lagi mengandalkan perintah di terminal melainkan tinggal klik – klik ikon ,tapi ada saatnya kita melakukan tugas yang lebih mudah dilakukan di terminal daripada versi GUI (Graphic User Interface) dan ada kalanya juga kita di haruskan melakukan perintah di terminal ,untuk itu sebagai pengguna linux yang baru ada baiknya mengetahui perintah – perintah dasar linux . Pada artikel kali ini akan saya jelaskan 10 perintah dasar linux yang harus diketahui oleh pemula linux.

Linux sendiri pada saat ini telah merambah ke berbagai lapisan masyarakat. Setidaknya, di smartphone android yang anda gunakan tertanam kernel linux di dalamnya. Berapapun versi android di smartphone canggih sobat ,itu sebenarnya adalah linux ,karena android dibangun di atas kernel linux.

Baiklah, 10 perintah dasar ini cuma sebagian kecil dari perintah – perintah linux mempelajari artikel ini tidak akan membuat anda jadi ahli linux (bahkan saya sendiri adalah pemula linux) tapi setidaknya akan membantu sobat dalam menjalankan OS linux ,saya menyebutnya top command (karena nantinya kita akan sering menggunakan perintah – perintah ini)

Jadi mari kita mulai saja 10 perintah dasar linux :

1. sudo

SuperUserDo ini adalah perintah paling penting yang akan digunakan oleh pemula Linux. Setiap perintah tunggal yang membutuhkan izin root, membutuhkan perintah sudo ini. Anda dapat menggunakan sudo sebelum setiap perintah yang membutuhkan izin root

$ sudo su

2. ls (List = daftar)

Perintah ini berfungsi untuk melihat daftar file dan folder. Dengan perintah ls, terminal akan menunjukkan kepada Anda semua file dan folder direktori tempat Anda bekerja / berada. Katakanlah saya berada di folder / home dan saya ingin melihat direktori & file di / home.

/ home $ ls

3. cd

Change direktori (cd) adalah perintah utama yang selalu digunakan di terminal. Ini adalah salah satu perintah dasar Linux. Menggunakannya cukup mudah. Cukup ketikkan nama folder yang ingin Anda masuki dari direktori Anda saat ini. Jika Anda ingin naik, lakukan saja dengan memberikan titik-titik ganda (../) sebagai parameter.

Katakanlah saya di direktori / home dan saya ingin pindah direktori usr yang ada di / home. Di sini adalah contoh bagaimana menggunakan perintah cd –

/ home $ cd usr

/ home / usr $

/ home / usr $ cd ../

/ home $

4. mkdir

Make Directory (mkdir) ,Hanya melihat isi direktori masih belum lengkap. Terkadang Anda ingin membuat folder atau subfolder baru. Anda dapat menggunakan perintah mkdir untuk melakukan itu. Cukup beri nama folder Anda setelah perintah mkdir di terminal Anda. Contoh:

~ $ mkdir namafolder

5. cp

Copy-and-paste adalah tugas penting yang perlu kita lakukan untuk mengatur file-file kita. Menggunakan cp akan membantu Anda untuk menyalin-dan-paste file dari terminal. Pertama, Anda menentukan file yang ingin Anda salin dan ketik lokasi tujuan untuk menempel file.

$ cp src des

$ cp text.txt /home

Catatan:

Jika Anda menyalin file ke dalam direktori yang memerlukan izin root untuk setiap file baru, maka Anda harus menggunakan perintah sudo.

6. rm

Remove (rm) adalah perintah untuk menghapus file Anda atau bahkan direktori Anda. Anda dapat menggunakan option -f jika file perlu izin root untuk dihapus. Dan Anda juga dapat menggunakan option -r (rekursif) untuk melakukan penghapusan rekursif untuk menghapus folder Anda.

$ rm myfile.txt

7. apt-get

Perintah ini berbeda pada setiap distro. Dalam distribusi Linux berbasis Debian, untuk menginstal, menghapus dan memutakhirkan semua paket. Advanced Packaging Tool (APT) manajer paket. Perintah apt-get akan membantu anda menginstal perangkat lunak yang anda butuhkan di Linux anda. Ini adalah alat baris perintah yang powerfull yang dapat melakukan instalasi, meningkatkan, dan bahkan menghapus perangkat lunak Anda.

Di distro lain, seperti Fedora, Centos ada manajer paket yang berbeda. Fedora dulu yum tapi sekarang sudah dnf.

$ sudo apt-get update

$ sudo dnf update

8. grep

Sobat ingin mencari file tetapi sobat lupa lokasi tepatnya atau jalurnya. grep akan membantu Anda memecahkan masalah ini. sobat dapat menggunakan perintah grep untuk membantu menemukan file berdasarkan kata kunci yang diberikan.

$ grep –color -n -i “mukmin” *.html

Keterangan:

  • (–color) option untuk mewarnai kata kunci yang di temukan. supaya mudah di temukan
  • (-n) option untuk menunjukkan di baris ke berapa.
  • (-i) i case sensitive untuk menampilkan hasil pencarian dengan tidak memperdulikan besar kecil huruf (case-sensitive)
  • “mukmin” sebagai contoh kata kunci
  • (*.html) tanda bintang (asterix) untuk menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci dalam semua file berekstensi .html

9. cat

Memungkinkan sobat untuk melihat teks atau skrip di file sobat secara langsung di terminal. Sekali lagi, salah satu perintah dasar Linux adalah perintah cat. Ini akan menunjukkan teks di dalam file Anda.

$ cat CMakeLists.txt

10. poweroff

Dan yang terakhir adalah poweroff. Kadang-kadang Anda perlu mematikan komputer langsung dari terminal Anda. Perintah ini akan melakukannya. Jangan lupa untuk menambahkan sudo di awal perintah karena memerlukan izin root untuk menjalankan poweroff.

$ sudo poweroff

Kesimpulan:

Seperti yang saya sebutkan di awal artikel bahwa 10 perintah dasar Linux ini tidak akan membuat Anda menjadi ahli Linux secara instant. Tapi setidaknya ini akan membantu Anda untuk mulai menggunakan Linux pada tahap awal. Mulailah menggunakan Linux dan tetapkan target Anda untuk mempelajari 1-3 perintah setiap hari. Saya harap artikel ini dapat membantu Anda.

Sebenarnya di terminal linux sendiri sudah ada dokumentasi yang lengkap sobat bisa mengetikkan perintah man ,contoh:

$ man grep

Saya mohon maaf jika artikel ini kurang lengkap ato ada yang salah. Jika sobat ingin serius mempelajari perintah di terminal admi ada e book yang cukup lengkap bisa di download gratis disini. Kalo sobat ada top command lain silahkan di tambahkan di komentar dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan teman-teman Anda. Karena sharing itu perduli.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.