Perbedaan WordPress.com dan wordpress.org

Indahnya Berbagi:
  •  
  •  
  • 2
  •  
  •  

Perbedaan WordPress.com dan wordpress.org

WWordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. WordPress sendiri ada 2 yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Di artikel ini saya akan coba menjelaskan perbedaan wordpress.com dan wordpress.org.

Saya sendiri adalah fans wordpress karena kemudahannya, tampilan yang ciamik, SEO friendly dan yang paling utama alasan saya adalah wordpress merupakan open source software (apa itu open source software bisa sobat baca di artikel jenis – jenis software). Saya sendiri mempunyai blog di WordPress.com yaitu belajar islam dan blog WordPress.org yang sedang sobat baca ini.

Perbedaan WordPress.com dan wordpress.org

Jika sobat baru di WordPress, Sobat mungkin bertanya-tanya tentang perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org .

Satu perbedaan utama antara wordpress.com dan wordpress.org adalah dimana sobat menghostingkan website sobat.

Di wordpress.org, Anda yang akan menghostingkan blog atau website anda sendiri. WordPress.org adalah di mana sobat akan menemukan WordPress yang merupakan free software yang Anda dapat download dan install pada server web Anda sendiri.

WordPress.com, di sisi lain, akan mengurus semua urusan hosting untuk Anda. Anda tak perlu men-download perangkat lunak, membayar untuk hosting, atau mengelola server web.

Kelebihan dan kekurangan dari wordpress.com dan wordpress.org

wordpress.com vs. wordpress.org

Baik wordpress.org dan wordpress.com memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung pada kebutuhan Anda.

Jika sobat tidak tertarik membayar untuk hosting sobat sendiri, mengelola server web Anda sendiri atau membayar orang lain untuk menangani hal itu untuk Anda, sobat mungkin ingin menggunakan wordpress.com. Ini gratis dan mudah untuk mengatur dan Anda memiliki banyak pilihan untuk menyesuaikan situs Anda.

Beberapa dari kekurangan dari menggunakan wordpress.com adalah domain Anda akan secara default, termasuk “wordpress.com. ” jadi blog atau website sobat adalah menjadi sub domain dari domain utama wordpress.com contohnya: domain sobat websiteku.wordpress.com. Sobat juga tidak dapat mengupload tema kustom, plugin atau memodifikasi kode PHP di belakang situs sobat.

Walaupun wordpress.com gratis, mereka menawarkan beberapa upgrade premium, termasuk registrasi nama domain (jika sobat tidak ingin wordpress.com dalam nama domain sobat), kemampuan untuk mengunggah video dan jika Anda ingin menggunakan tema premium mereka.

Menggunakan versi download WordPress dari wordpress.org membuka lebih banyak kontrol dan fleksibilitas untuk situs WordPress Anda, tetapi juga berarti lebih banyak tanggung jawab. Menggunakan versi self hosted WordPress berarti Anda dapat menggunakan nama domain Anda sendiri, mengupload dan menginstal tema dan plugin, mengedit kode di balik situs Anda dan memiliki akses ke database (atau file) situs Anda. Sebagian besar situs wordpress yang Anda lihat saat ini adalah versi self hosted WordPress, karena wordpress self hosted memiliki Fungsi dan fitur yang unik atau desain custom yang tidak di miliki oleh wordpress versi gratis atau WordPress.com

Tabel perbandingan perbedaan WordPress.com dan wordpress.org

WordPress.com WordPress.org
Fokus pada konten indah anda, dan sobat tidak perlu berpikir untuk sewa Hosting dan domain. Anda harus mencari hosting untuk website Anda. Bersiaplah untuk pusing dengan urusan kode, script, membayar hosting dan beli domain.
Premium hosting, keamanan, dan backup juga disertakan. Anda bahkan dapat upgrade ke domain kustom, seperti domainanda.com. Anda harus mencari host, melakukan backup dan pemeliharaan sendiri.
Sobat bisa memilih ratusan tema indah. Tapi tentunya sobat tidak bisa merubah, mengutak atik kode Thema atau upload kustom thema. Menginstal tema kustom,atau sobat bisa membangun sendiri dengan PHP dan CSS.
Mengintegrasikan situs Anda dengan Facebook, twitter, tumblr, dan jaringan sosial lainnya. Sobat harus menginstal plugin, seperti jetpack, untuk mengaktifkan fungsi berbagi di situs sobat.
Fitur populer seperti berbagi, statistik, komentar, dan jajak pendapat juga disertakan. Sobat tidak perlu menginstal plugin apapun, karena memang tidak di ijinkan untuk menginstal plugin. Sobat dapat menginstal ribuan plugin yang tersedia untuk menambah kemampuan situs Anda (misalnya untuk membuat toko onlen sendiri, sobat bisa instal plugin woocommerce)
Sobat tidak diizinkan untuk instal script atau beberapa kode HTML di wordpress.com semisal Javascript dan kode HTML Marque untuk membuat text berjalan. Sobat bebas untuk install script misal script adsense.
Sobat tidak diperbolehkan memasang iklan di WordPress.com bahkan situs sobat nantinya akan di pasang iklan oleh automatticselaku lembaga penyokong wordpress. Sobat bebas memasang iklan di situs sobat sebagai pendapatan pasif nantinya dari situs sobat.
Situs sobat sejatinya adalah milik wordpress, karena sebenarnya situs sobat cuma sub-domain dari WordPress.com. Situs wordpress sobat adalah milik sobat sendiri.
Dukungan pribadi dan forum wordpress.com selalu tersedia. Kunjungi forum dukungan wordpress.org untuk bantuan
Anda harus mendaftar untuk account di wordpress.com dan mematuhi persyaratan layanan WordPress.com . Sobat tidak perlu mendaftar untuk Download software wordpress dari wordpress.org.

Kesimpulan:

  1. Jika sobat ingin punya website wordpress yang di jamin akan selalu update dengan software terbaru, bebas memilih ratusan thema gratis, fitur lumayan komplit untuk sebuah website dalam 5 menit dan tidak mau di pusingkan dengan sewa hosting beli domain dan tiap tahun harus memperpanjang sewa, sobat hanya fokus pada konten dan tidak mau pusing dengan maintenance server dengan host kualitas premium karena pada dasarnya website kita adalah sub-domain dari wordpress yang tentu resource bagi website kita berbagi resource dengan blog wordpress.com yang pastinya tak diragukan lg kualitas resources nya maka wordpress.com cocok buat sobat.
  2. Tapi jika sobat berniat membangun sebuah website yang bisa sobat design, ubah sesuai keinginan, upload kustom Thema, lalu sobat bisa instal berbagai macam plugins agar fungsionalitasnya bertambah misalnya saja bisa jadi toko onlen dengan automatic tambah ongkir, dan masih banyak fungsi lain tentunya yang tidak akan sobat temukan di wordpress.com . Lalu nantinya di kemudian hari jika situsnya ramai sobat bisa pasang iklan semacam Google adsence yang tentu saja bisa menjadi sumber pendapatan pasif, dan yang lebih penting semua mulai dari konten dan domain name adalah milik sobat sendiri bukan dompleng, maka wordpress.org lebih cocok.
  3. Simplenya wordpress.com adalah untuk sobat yang cuma mementingkan konten, menulis, situsnya awet tanpa expired walau tak di urus bertahun-tahun dan tentu saja gratis. Sedangkan wordpress.org adalah untuk sobat yang mau sedikit pusing dengan kode, urusan maintenance, Backup dll. Dan tentu saja yang mau membayar untuk Hosting dan domain name. Tapi untuk belajar saya ada artikel Cara Membuat Blog WordPress dengan Hosting Unlimited dan Domain Gratis Selamanya

Demikian artikel tentang perbedaan wordpress.com dan wordpress.org mungkin ada banyak kesalahan di sana sini atau mungkin berat sebelah saya mohon maaf, mungkin sobat bisa menambahkan lagi di kolom komentar.


Sumber Referensi:
  1. WordPress.com vs WordPress.org | WordPress 101 Tutorials :: iThemes
  2. WordPress.com and WordPress.org — Support — WordPress.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: