Perbedaan System Operasi 32 bit dan 64 bit

Indahnya Berbagi:
  •  
  •  
  • 3
  •  
  •  

System Operasi 32 bit vs 64 bit.

Mungkin ada sebagian orang yang masih bingung tidak tahu perbedaan Sistem operasi 32-bit dan 64-bit. Jika sobat berkunjung ke beberapa situs penyedia system operasi seperti contohnya yang pernah admin singgung di artikel 5 distro Linux Ringan beberapa waktu lalu atau ke situs web sistem operasi manapun, sobat akan diberi pilihan untuk mendownload salah satu versi sistem operasi yang sama. Jadi apa bedanya? Mengapa mereka memiliki dua versi berbeda dari OS yang sama? Mari kita jawab misteri ini di artikel yang akan sobat baca, jadi baca sampai habis ya sobat, dan jangan lupa daftarkan email sobat untuk menerima update kangsoel blog.

Perbedaan System Operasi 32 bit dan 64 bit

Perbedaan System Operasi 32 bit dan 64 bit

Semua system operasi baik untuk komputer bahkan smartphone ada varian 32 bit dan 64 bit. Baik linux, windows atau Apple. Jika saat ini sobat melihat sistem operasi 32-bit atau 64-bit. Tidak ada bedanya di kedua sistem ini, mereka 100% sama dengan semua fitur dan aplikasi yang sama. Sekarang mungkin sobat bertanya-tanya mana yang harus dipilih. Nah, jawabannya cukup sederhana.

Semua tergantung pada prosesor.

Yups betul, Semua tergantung processor. Sebenarnya, jenis sistem operasi yang harus sobat instal tergantung pada jenis prosesor yang sobat miliki. Saat ini, ada 2 jenis prosesor yang tersedia di pasaran, prosesor 32-bit dan 64-bit. Prosesor 64-bit dapat menjalankan sistem operasi 32 dan 64-bit, dan prosesor 32-bit hanya bisa menjalankan sistem operasi 32-bit.

Sekarang sobat tahu yang mana yang harus sobat pilih, pertanyaan selanjutnya adalah apa perbedaan di antara keduanya.

Apa Perbedaan System Operasi 32 bit dan 64 bit ?

Perbedaannya adalah bahwa sistem operasi 32-bit dapat memproses 32 bit data dalam satu siklus, sama halnya dengan system operasi 64 bit, sistem dapat memproses 64 bit data dalam satu siklus. Perbedaan yang paling mendasar adalah bahwa dalam sistem operasi 32-bit Anda hanya dapat menggunakan 2 X 32 byte dari RAM yaitu sekitar 4GB RAM. Demikian pula, untuk sistem operasi 64-bit, Sobat dapat menggunakan sampai 16 exa-byte RAM. Ini hanyalah jumlah teoritis, walaupun ada batas fisik untuk ini, Microsoft biasanya membatasi jumlah RAM yang dapat digunakan tergantung pada lisensi perangkat lunak yang sobat beli. Hal ini tidaklah berlaku untuk sistem operasi open source macam Linux dan BSD.

Catatan : Jika sobat memiliki prosesor 64-bit dan sobat menginstal sistem 32-bit, Maka sobat akan terbatas untuk menggunakan RAM hanya 4GB.

Perangkat lunak

Ini adalah hal yang paling penting. Jadi jika sobat menjalankan sistem operasi 32-bit, sobat hanya dapat menginstal perangkat lunak yang dibuat untuk sistem operasi 32 bit saja. Namun, jika sobat menjalankan sistem operasi 64-bit, sobat dapat menjalankan perangkat lunak untuk system operasi 32 bit dan juga 64-bit. Sebagian besar perangkat lunak umum dibuat di lingkungan 32 bit karena agar dapat berjalan di kedua jenis system operasi tersebut. Akan tetapi, untuk beberapa perangkat lunak berat seperti pengeditan gambar, video dan rendering, versi bit yang lebih tinggi disarankan karena akan dapat menggunakan prosesor dan RAM dengan lebih baik.

Software driver berbagai perangkat keras secara explisit mengharuskan anda untuk menginstal perangkat lunak versi yang sesuai dengan sistem Anda. Driver 32-bit tidak digunakan dalam sistem 64-bit dan sebaliknya.

Apa itu X86_64?

Anda harus membandingkan ini dengan beberapa sistem operasi yang ada. Distro antergos, Distro linux berbasis Arch memiliki jenis sistem ini. Ini adalah seperti extension x64 dari instruksi processor arsitektur X86 dari Intel. Seperti Sistem X32 namun mereka memiliki dukungan 64-bit juga.

  1. “Antergos website | Your Linux. Always Fresh. Never Frozen.”.
  2. Antergos – Wikipedia”

Beberapa poin penting.

  • Dulu sebelum ada system operasi 32-bit ada sistem operasi 16 bit dan sebelum itu, kita memiliki sistem 8 bit.
  • Setelah 64 bit, langkah selanjutnya tampaknya 128, tapi itu mungkin tidak akan segera terjadi.
  • RAM yang yang di support untuk system operasi 64-bit adalah 16 exa-byte yang sampai saat ini belum ada pada sistem manapun.
  • System operasi 32 bit saat ini sudah hampir mati dan bahkan Ubuntu sudah tidak lagi merilis ISO system operasinya untuk varian 32 bit.
  • Masa depan tampaknya hanya akan ada untuk sistem 64 bit.

Kesimpulan

  1. Jumlah bit dalam sistem mencerminkan jumlah bit yang dapat di proses prosesornya dalam satu siklus.
  2. Semakin banyak bit di prosesor, semakin banyak RAM yang dapat Anda gunakan.
  3. Sistem operasi 64-bit hanya akan berjalan pada prosesor 64-bit. Namun, sistem operasi 32-bit dapat bekerja pada prosesor 32 atau 64-bit. Hal yang sama berlaku untuk perangkat lunak. Akan tetapi sangat di sarankan untuk menggunakan perangkat lunak yang dirancang untuk jenis sistem Anda.

Kami berharap artikel ini membantu Anda memahami bagaimana perbedaan System Operasi 32 bit dan 64 bit. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon berlangganan mailing list kami untuk mendapatkan update langsung ke inbox anda, atau sobat bisa juga menemukan kami di social media. Silahkan cek ikon di footer situs. Dan terima kasih telah berkunjung sampai jumpa di update berikutnya.


Inspired and translated from LinuxAndUbuntu.


Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: