3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Perbedaan Syirik Besar dan Syirik Kecil

Perbedaan Syirik Besar dan Syirik Kecil

[dropcap]D[/dropcap]i zaman akhir yang penuh fitnah ini, terkadang kaum muslimin ada yang tidak tahu perbedaan syirik besar dan syirik kecil. Di artikel ini saya akan mengutip artikel dari rumaysho.com tentang perbedaan syirik besar dan syirik kecil, di artikel ini hanya penjelasan singkat, yang sebenarnya penjelasan tentang tauhid sebagai inti dakwah para rosul ini sangatlah luas dan panjang.

Mengetahui tauhid dan syirik, mengetahui perbedaan syirik besar dan kecil adalah ilmu dasar yang harus di ketahui oleh semua kaum muslimin karena dengan pondasi tauhid lah amal kita di terima atau di tolak.

Pengertian Syirik Besar dan Syirik Kecil.

Para ulama biasa membagi syirik menjadi dua macam yaitu syirik besar (syirik akbar) dan syirik kecil (syirik ashgor).

Syirik Besar (akbar).

Syirik akbar adalah mengambil tandingan selain Allah dan menyamakannya dengan Rabbul ‘alamin.

Contoh syirik besar:

Bernadzar pada selain Allah, thawaf keliling kubur dan berdo’a meminta pada penghuni kubur, berdo’a pada orang yang sudah mati, mencintai selain Allah sebagaimana kecintaannya pada Allah, meminta perlindungan (isti’adzah) pada selain Allah, menjadikan perantara selain Allah antara dirinya dengan Allah dan bertawakkal padanya.

Syirik Kecil (Ashgor).

Yang juga menarik :
1 daripada 8

Sedangkan syirik ashgor adalah yang disebut syirik dalam dalil namun tidak sampai derajat syirik akbar atau disebut oleh para ulama sebagai perantara menuju syirik akbar.

Contoh syirik kecil:

Bersumpah dengan selain Allah, mengangungkan makhluk yang tidak sampai derajat ibadah, memakai jimat yang meyakini dapat mencegah ‘ain (pandangan hasad), shalat menghadap kiblat untuk Allah namun menganggap lebih afdhol jika dilakukan di sisi kubur.

Perbedaan syirik besar dan syirik kecil:

  1. Perbedaan pada definisi sebagaimana yang telah lewat. Syirik besar membuat pelakunya keluar dari Islam dan kekal dalam neraka, sedangkan syirik kecil tidak.
  2. Syirik besar menghapuskan seluruh amalan, sedangkan syirik kecil hanya menghapus amalan yang terdapat syirik saja.
  3. Syirik besar tidaklah dimaafkan kecuali dengan taubat, sedangkan syirik kecil berada dalam masyi-ah Allah atau kehendak Allah yaitu jika dikehendaki, Allah bisa mengampuni dan jika tidak, Allah akan menyiksanya.

Cara membedakan syirik kecil dari syirik besar:

  1. Dapat dilihat dari dalil tegas yang menyebut syirik kecil, misal disebutkan dalam hadits, “Sesuatu yang aku khawatirkan menimpa kalian adalah syirik kecil.” Dalam hadits disebutkan tentang riya’ atau beramal ingin cari pujian.
  2. Dalam hadits disebutkan kata syirik dalam bentuk nakirah (tidak ada alif lam di awalnya). Seperti dalam hadits disebutkan, “Sesungguhnya mantera-mantera, jimat dan pellet adalah syirkun”. Yang dimaksud di sini adalah syirik kecil.
  3. Yang dipahami oleh para sahabat dari dalil bahwa perbuatan itu termasuk syirik kecil. Dalam masalah pemahaman dalil, para sahabatlah yang lebih paham, mereka lebih memahami Al Quran dan hadits. (Lihat Rasa-il fil ‘Aqidah, hal. 437-43

Referensi:

Rasa-il fil ‘Aqidah, Dr. Muhammad bin Ibrahim Al Hamad, terbitan Daru Ibnu Khuzaimah, cetakan pertama, tahun 1423 H.

Di sarikan dari artikel: Perbedaan Syirik Besar dan Syirik Kecil | Rumaysho.Com


Tauhid dan syirik adalah inti dakwah para rosul yang mempunyai penjelasan sangat panjang dan penting, saya sangat menyarankan pembaca sekalian untuk mengkajinya serius dengan ustadz yang berkompeten face to face secara offline agar ada keberkahan ilmu. Tapi jika sobat berhalangan saya sebenarnya berniat membuat page download khusus rekaman kajian khusus membahas tauhid dan syirik di blog ini, tapi tidak sekarang karena saya ada halangan komputer rusak jadi untuk sementara sampai waktu yang tidak di tentukan belum bisa, makanya subscribe dulu ya sobat, supaya gak ketinggalan update terbaru.

Semoga bermanfaat bagi pembaca kangsoel blog, dan semoga semakin memahami akan kesyirikan.

Subscribe to our newsletter
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Increase your website's conversion rate with messages like this. Calls to Action.
Hey psst!...Start selling today
Get MasterPopups
Contact Us
Or
Powered by MasterPopups
Your offer is still here!