3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

wajib baca! Inilah Pengertian dan Perbedaan Internet Intranet Extranet

pengertian dan perbedaan dari Internet, Intranet dan extranet.

0 316

Zaman sekarang yang serba internet, semua orang memakai internet, Tahukah sobat apa sih pengertian internet,  perbedaan Internet Intranet extranet.?. Selain internet ada juga yang namanya Intranet dan extranet (nah apa lagi ini?) secara garis besar internet, intranet dan extranet memiliki pengertian yang berbeda, akan tetapi ketiganya memiliki satu kesamaan, yaitu berfungsi untuk menghubungkan komputer satu sama lain, nah di artikel ini saya akan menjelaskan apa pengertian dan perbedaan internet intranet extranet

1. Pengertian Internet

Internet berasal dari kata interconnected network) adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain yang menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran sehingga kita bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh. Di artikel lalu sudah kita bahas panjang lebar Pengertian Internet dan Sejarah Awal Internet.

Internet merupakan jaringan terluas dalam sistem teknologi informasi yang memungkinkan perangkat di seluruh dunia untuk saling terhubung. Jaringan internet dapat diakses publik yang mengirimkan data menggunakan standar Protokol Internet (IP). Informasi yang tersebar di internet dapat diakses melalui jaringan world wide web (www) baik dalam bentuk teks, musik, foto, video, atau apa pun. Dalam kerjanya, web dilayani oleh browser web seperti Google chrome.

2. Pengertian Intranet

Selain Internet ada juga yang namanya Intranet, Intranet adalah jaringan pribadi (Private Network) yang mengunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal contohnya adalah: Perusahaan, Kantor, Sekolah Universitas DLL. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.

Dalam jaringan Intranet biasanya perusahaan akan memulai dengan menerbitkan halaman web tentang acara perusahaan, kebijakan kesehatan dan keselamatan, dan buletin staf. Dengan kata lain, intranet bisa dimanfaatkan sebagai portal yang menyediakan akses ke semua hal yang dibutuhkan pekerja.

Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya.

Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

3. Pengertian Extranet

perbedaan internet intranet extranet
image by https://seputarilmu.com

extranet adalah intranet yang dapat diakses oleh beberapa orang dari luar perusahaan, atau mungkin dibagikan oleh lebih dari satu organisasi. Sedikit lebih luas dibanding intranet, extranet mampu menciptakan jaringan pribadi orang-orang yang berkepentingan dengan perusahaan baik internal maupun eksternal (klien, vendor, pemasok, mitra, dan sebagainya) untuk saling berkomunikasi.

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.

Dilansir BBC, extranet melayani peran yang sangat penting, karena memungkinkan komunikasi pribadi, kolaborasi, berbagi pengetahuan, berbagi dokumen, dan transfer data antar organisasi.

extranet mendukung berbagai kebutuhan. Volume data yang besar dapat dipertukarkan antar pihak melalui extranet, misalnya, sehingga memudahkan kolaborasi.

Perangkat kolaborasi ini sangat berguna bagi perusahaan yang perlu melakukan komunikasi sesering mungkin dengan klien dan pelanggan. Menghemat berjam-jam waktu dibandingkan dengan email dan telepon. extranet juga memantau dan memperbaiki potensi bug atau masalah yang dapat terjadi dengan produk atau layanan perusahaan, hampir seperti kontrol kualitas bawaan.

3. Perbedaan Internet Intranet Extranet

Internet :

  • Jaringan yang sangat Luas (Internasional Bahkan Sedunia)
  • Memiliki Jaringan yang Kuat
  • Perkembangan yang Sangat Pesat
  • Bisa di akses kapan saja dan dimana saja

Intranet:

  • Jaringan yang kecil dan sempit (hanya mencakup wilayah lokal)
  • Perkembangannya yang lambat
  • Biasa digunakan oleh perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dll

Extranet:

  • Jaringan yang luas
  • Dapat meningkatkan efektivitas dalam berbisnis
  • Sebagai File Server
  • Media Informasi Perusahaan
  • Perkembangannya yang lambat
  • Biasa digunakan oleh perusahaan, sekolah, universitas, rumah sakit, dll

Sumber internet | wiki intranet | wiki extranet | wiki
Via IDCloudHost bbc.co.uk tirto.id
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja

Tinggalkan balasan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

twenty + eighteen =