3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Cara Mengatasi Cpu Hidup Tapi Tidak Tampil Di layar Monitor, 99% Berhasil

0 12

Di artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara memperbaiki komputer yang tidak bisa menyala, inilah cara mengatasi cpu hidup tapi tidak tampil di layar monitor, kerusakan seperti ini sudah umum di komputer manapun, terutama komputer tua .Di CPU hidup tapi tidak tampil di layar monitor ditunggu pun tetap sama, direstart berkali kali pun belom mau menyala, jadi buat kalian yang mengalami komputer nya seperti ini, tidak usah khawatir tidak usah panik.

simak artikel ini sampai habis mudah-mudahan dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di artikel ini, komputer kalian bisa hidup dan normal lagi ini.

Penyebab Masalah Cpu Hidup Tapi Tidak Tampil Di layar Monitor.

Penyebab paling banyak masalah seperti ini adalah masalah RAM, biasanya hanya karena kotor kurang konek atau bahkan RAM mati. RAM atau Random Acces Memory adalah tempat penyimpanan data sementara bagi komputer, RAM adalah komponen utama yang akan di akses pertama kali jika kita menghidupkan komputer, makanya jika ada masalah dengan RAM, komputer akan stuck tidak akan ada tampilan apapun di layar monitor.

Akan tetapi sebab bukan hanya di RAM saja bisa jadi penyebabnya adalah kartu grafis, hardisknya ataupun penyebab lain.

Poin utama kerusakan seperti adalah kita tahu power supply ,motherboard dan CPU masih hidup. Jika saja salah satu ada yang mati maka komputer tidak akan hidup sama sekali.

Langkah Mengatasi Cpu Hidup Tapi Tidak Tampil Di layar Monitor

1. Matikan komputer

langkah pertama kita matikan terlebih dahulu CPU nya, dengan menekan power sampai benar-benar CPU nya mati, lalu kita cabut kabel powernya, Pastikan aman tidak ada listrik yang tersambung (safety First) selanjutnya kita buka penutup Casingnya.

2. Cabut dan Bersihkan RAM

Sebelum mencabutnya pastikan pengaitnya kita buka terlebih dahulu, cabut perlahan RAM satu persatu tergantung RAM ada berapa, kemudian selanjutnya kita bersihkan RAM nya. Kita bersihkan satu persatu, kita bersihkan saja RAM nya dibagian kuning-kuningnya saja kita bersihkan sampai benar-benar bersih.

Mohon Diingat membersihkannya cukup dengan penghapus pensil saja, dengan cara digosok – gosokkan ke bagian kuning-kuningnya, di gosok perlahan agar kotoran yang menempel hilang.

JANGAN MEMBERSIHKAN DENGAN AMPELAS ATAU BENDA TAJAM APAPUN, KARENA AKAN MERUSAK TEMBAGA TIPIS DI KONEKTOR RAM.

Ingat ya jangan pakai benda tajam karena akan merusak konektornya. Niat mau memperbaiki malah jadi beli RAM baru.

Yang juga menarik :
1 daripada 7

3. Pasang Kembali Dan Coba Hidupkan

Setelah di bersihkan kita pasang kembali RAM nya dan disaat pemasangan RAM nya pastikan posisinya sudah benar dan jangan sampai terbalik ketika sudah dirasa pemasangan pas dan benar kita bisa menekannya di bagian tengah sampai terdengar suara klik.

selanjutnya kita pasang kembali kabel power, dan kabel lainnya yang tadi kita cabut, lalu kita test nyalakan.

4. Colokkan RAM satu satu(optional)

Langkah ini optional jika setelah membersihkan RAM kita pasang kembali, komputer masih tetap nyala tapi tidak ada tampilan di layar monitor.

Jika RAM ada 2 kita coba colokkan satu lalu kita test apakah hasilnya sama, langkah ini untuk mengetahui apakah RAM yang mati

5. Cabut Kabel SATA/ATA hardisk (optional)

Cabut dan bersihkan kabel konektor SATA atau ATA hardisk dan juga kabel powernya.

6. Bersihkan Kartu Grafis (jika ada)

Penyebab lain Komputer nyala tapi tidak ada tampilan di layar monitor adalah kartu grafis, cara pembersihannya sama yaitu dengan menggunakan penghapus pensil sama seperti langkah diatas JANGAN MENGGUNAKAN BENDA TAJAM.

Demikian Cara mengatasi cpu hidup tapi tidak tampil di layar monitor, semoga bermanfaat dan jika masalah tetap berlanjut bisa menghubungi bengkel komputer terdekat.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini jangan lupa komen dan subscribe email anda supaya tidak ketinggalan update terbaru dari kami.

Video Tutorial Cara Mengatasi Cpu Hidup Tapi Tidak Tampil Di layar Monitor

Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja
Loading...