3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

2 Cara Membuat link wa Terlengkap, disertai Teks Chat Sambutan

Cara Membuat link wa Terlengkap, disertai Teks Chat Sambutan, Ada 2 cara yaitu manual dan otomatis memakai link generator

0 733

Sering kali saya melihat ada link chat whatsapp di postingan medsos, terutama postingan para penjual online, yang jika kita klik maka akan mengarahkan kita ke sebuah halaman yang ada tombol klik untuk chat whatsapp. Bagaimana cara membuat link whatsapp….? Di artikel ini akan saya jelaskan 2 cara membuat link whatsapp lengkap di sertai gambar, bukan hanya membuat link wa, tapi disertai teks sambutan yang akan lebih memudahkan pelanggan anda untuk berinteraksi dengan anda.

Lapak Social Media

Social media sudah bergeser menjadi semacam pasar tempat berjualan berbagai macam barang kebutuhan. Social media bukan hanya tempat eksis, tempat share berbagai informasi menarik, tempat ketemu teman lama. Bergesernya social media menjadi semacam marketplace bahkan di fasilitasi oleh social media besar facebook dengan menghadirkan fitur marketplace di platformnya. Walau banyak penipu yang bermain di sana.

Pertumbuhan pesat pangsa pasar e-commerce di Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Dengan jumlah pengguna internet yang mencapai angka 82 juta orang atau sekitar 30% dari total penduduk di Indonesia, pasar e-commerce menjadi tambang emas yang sangat menggoda bagi sebagian orang yang bisa melihat potensi ke depannya.

potensi pasar e comerce di indonesia

Source : https://buattokoonline.id

Cara membuat link chat whatsapp

Kadang kita menemukan link whatsapp di postingan penjual online yang akan memudahkan calon pembeli dalam menghubungi penjual, yang tak jarang berupa link singkat semacam bit.ly atau yang lain.

Bagaimana cara membuat link wa seperti itu…..?

Yang jika kita klik akan mengarahkan ke halaman klik untuk chat whatsapp, selanjutnya mengarahkan kita ke aplikasi whatsapp atau whatsapp web jika kita buka melalui desktop. Lalu kemudian ada teks yang sudah di set oleh pembuat link di halaman chatting.

Di artikel ini akan saya jelaskan 2 cara membuat link wa secara manual dan secara otomatis memakai generator link.

Pertama, Cara Membuat link wa secara manual

Cara pertama secara manual, kita membuat sendiri link nya seperti artikel lalu Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Kontak , sama persis caranya di trik kedua dan ketiga. Cuma bedanya jika ingin ada teks sambutan kita harus menambahkan url encoding teks di link kita.

Apa itu url encoding

Url encoding juga dikenal dengan percent encoding adalah mekanisme untuk menyandikan informasi dalam Uniform Resource Identifier (URI) dalam keadaan tertentu. Meskipun dikenal sebagai pengkodean URL, akan tetapi faktanya digunakan lebih umum dalam set Uniform Resource Identifier (URI), yang mencakup Uniform Resource Locator (URL) dan Uniform Resource Name (URN). Dengan demikian, hal ini juga digunakan dalam persiapan data jenis media aplikasi / x-www-form-urlencoded, seperti yang sering digunakan dalam pengiriman data formulir HTML dalam permintaan HTTP.

Untuk membuat tautan Anda sendiri dengan pesan yang telah tertulis yang akan ditampilkan secara otomatis di bidang teks dalam chat, gunakan https://wa.me/nomorteleponwhatsapp/?text=teksberkodeurl, di mana nomorteleponwhatsapp adalah nomor telepon lengkap dalam format internasional dan teksberkodeURL adalah pesan yang telah tertulis berkode URL.

untuk lebih lengkap formatnya bisa anda pelajari di link wiki ini https://en.m.wikipedia.org/wiki/Percent-encoding

Contoh link memakai url wa.me: https://wa.me/628561333111?text=Saya%20tertarik%20untuk%20membeli%20mobil%20Anda

Generator Url encoding

Untuk memudahkan anda bisa memakai url decoder melalui tool online ini

url decoder

  1. Buka alamat ini https://meyerweb.com/eric/tools/dencoder/
  2. Lalu anda tulis teks yang anda inginkan.
  3. Klik Encode.
  4. Copy teks yang muncul.
  5. Lalu tambahkan ke url dalam format seperti contoh di atas.url decoder yang tinggal copy
Yang juga menarik :
1 daripada 6

kedua, Cara buat link whatsapp secara otomatis

Jika sobat bingung membuatnya secara manual, tenang saja saya akan membagikan cara otomatisnya

1. Tool dari wa.orderlink

membuat link whatsapp dengan wa orderlink

Petunjuk Penggunaan

  • Pesan WhatsApp diatas adalah pesan yang akan dikirim oleh customer anda
  • Anda bisa menambahkan beberapa nomor WhatsApp sekaligus, dan sistem akan mengatur ke nomor mana pesan tersebut akan dikirim
  • Pemilihan Nomor bisa disetup di Metode Pemilihan, Sequences artinya nomor akan dipilih secara berurutan dari no.1 kemudian no.2 dst. Random artinya nomor akan dipilih secara acak.
  1. silahkan sobat buka https://wa.orderlink.in/
  2. lalu isikan data yang diperlukan
  3. klik generate whatsapp link
  4. lalu copy link yang muncul

link dari tool online ini sudah berbentuk shortlink jadi tak perlu lagi menyingkat link dengan bit.ly atau semacamnya, tapi kalo mau ya terserah.

2. Tool online generator link whatsapp dari wasap.at (Chat WhatsApp Sekali Pencet)

generator link wa

  1. silahkan buka https://www.wasap.at/
  2. Isi nomor wa dan pesan sesuai kebutuhan
  3. klik buat link
  4. lalu copy link yang muncul

membuat link whatsapp dengan wasap,at

sama seperti wa.orderlink output dari tool online ini pun telah berupa shortlink bahkan ada QR code  yang bisa sobat download, di samping output shortlink dan qr code ada juga url panjang nya berupa link api.whatsapp yang notabene adalah backend dari semua link di atas.

3. Tool dari postcron

Gimana sobat dah jadi blom link nya? Kalo sobat males pindah dari blog saya, tenang saja saya sediakan tool nya langsung saya embed dari sumbernya, di sini sobat tinggal masukkan nomor wa dan pesan lalu klik get link, tinggal copy link yang muncul. Untuk mempercantik sobat bisa persingkat link dengan shortlink gratis bit.ly , jika ingin custom link syaratnya sobat harus mendaftar dulu

Powered by Postcron

kesimpulan

  • Buat link instan ke chat WhatsApp anda. Link instan akan mempercepat interaksi dan publikasi anda. Dengan sekali pencet link, maka aplikasi WhatsApp akan terbuka dan siap mengirim pesan.
  • Semua link pada dasarnya adalah dari backend link api.whatsapp hanya saja di persingkat
  • ingat! Nomor haruslah dalam format international, nomor harus diawali dengan 62 sebagai pengganti 0. Nomor tidak perlu menggunakan karakter + di awal. Sebagai contoh, misalnya nomor tujuan adalah 082123456789 maka di url wajib menjadi 6282123456789.

Tool di atas adalah sebagian saja masih banyak yang tidak bisa saya bahas satu persatu. Tool apa yang sobat pakai, jangan ragu untuk berbagi dengan saya.


Terima kasih telah berkunjung.

Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja

Tinggalkan balasan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

twenty − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.