3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Legenda Raja dan Batu

cerita legenda raja dan batu

0 91

Kisah “ legenda raja dan batu ” ini hanyalah fiksi yang mungkin bisa kita ambil hikmah dari cerita tersebut. Alkisah di sebuah kerajaan hiduplah seorang raja yang bijaksana. Pada suatu malam, sang raja pergi ke sebuah jalan yang sering dilalui rakyatnya. Kemudian ia meletakkan sebuah batu yang sangat besar tepat di tengah-tengah jalan tersebut.

Ketika pagi hari, orang-orang kebingungan mengapa tiba-tiba ada batu besar di tengah jalan. Sungguh batu itu sangat mengganggu sekali, sehingga mereka mengumpat dan memaki hal tersebut.

Tanggapan Sebagian Orang

Sebagian dari mereka mengeluh dan menghela napas panjang karena perjalanan menjadi terusik olehnya. Sebagian lagi mengucap sumpah serapah kepada siapapun yang telah mendatangkan masalah ini kepada mereka.

Setelah berlangsung cukup lama, suatu hari seorang lelaki berjalan melintasi jalan tersebut. Ia terheran melihat batu besar yang menghalangi seperti itu namun mengapa tak ada orang yang tergerak untuk menyingkirkannya.

Usaha satu Orang

Maka sang lelaki mendorong batu tersebut sekuat tenaganya agar bergeser ke tepi jalan. Memang cukup berat dan melelahkan, pantas saja orang-orang tidak ada yang mau melakukannya. Namun pada akhirnya ia berhasil menyelesaikan pekerjaan tersebut meski kelelahan.

Hikmah di balik batu

Yang juga menarik :
1 daripada 2

Tanpa disangka, rupanya di bawah batu besar itu ada satu kantong uang emas. Sang pemuda merasa gembira memperolehnya. Rupanya raja memang sengaja meletakkan hadiah tersebut, sebagai kejutan bagi siapa saja yang tergerak menyingkirkan batu itu.

Hikmah yang dapat kita ambil

Demikianlah legenda tentang raja dan batu yang kerap kali diceritakan dari generasi ke generasi. Betapa banyak kebenaran yang disampaikan dalam kisah tersebut. Bahwa sebagian besar manusia hanya mengeluh saja ketika mereka melihat masalah.

Alih-alih mereka tertantang untuk mencari solusinya, justru yang dilakukan sebatas mengumpat dan menyalahkan orang lain. Mereka hanya menghindar dari masalah, bukannya menyelesaikan. Bukankah peribahasa Arab berkata,

الأفضل أن تضيء شمعة، من أن يلعن الظلام

“Lebih baik menyalakan lilin, daripada mengutuk kegelapan.”

Sangat sedikit sekali orang yang berani menghadapi masalah dan merasa perlu turut andil menanganinya meski hal itu bukan kesalahannya. Bagi orang-orang yang seperti ini, bersiaplah akan mendapat kejutan tak terduga sebagai hasil dari ketulusannya.


Salam Bertumbuh.
Ada rezeki baru jika kita mau mencoba kehidupan yang baru!

Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja
Loading...