3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Keunggulan Aplikasi Telegram

14 Keunggulan Aplikasi Telegram Dibandingkan dengan Whatsapp dan Aplikasi chatting yang lain

Aplikasi chatting banyak sekali jenisnya semua ada kelebihan dan kekurangan masing masing, mungkin sobat lebih familiar dengan whatsapp atau whatsapp mod seperti whatsapp+, gb whatsapp atau whatsapp lite, tetapi tahukah sobat ada aplikasi chatting yang lebih powerfull yaitu TELEGRAM, Saya sudah menyinggung di artikel lalu sedikit fungsi telegram seperti untuk mendownload video dari youtube. Ternyata telegram masih punya banyak keunggulan dari aplikasi pesaing. Berikut kangsoel rangkumkan dari berbagai sumber keunggulan aplikasi telegram.

Daftar isi:

  1. Sekilas Telegram.
  2. Keunggulan Aplikasi Telegram.
    1. 2.1. Secret Chat
    2. 2.2. Gratis selamanya.
    3. 2.4. Telegram Hemat Memory Internal
    4. 2.3. Telegram mengirim pesan lebih cepat.
    5. 2.5. Telegram Berbasis Cloud
    6. 2.6. Multi Platform
    7. 2.7. Telegram Dapat di akses bersamaan dari banyak perangkat secara bersamaan
    8. 2.8. Telegram lebih ringan dijalankan.
    9. 2.9. Berbagi file dengan ukuran lebih besar.
    10. 2.10. Grup yang lebih banyak menampung.
    11. 2.11. Fitur Channel pada Telegram.
    12. 2.12. Telegram punya fitur Bot.
    13. 2.13. Lebih interaktif.
    14. 2.14. Telegram lebih aman.
  3. Kekurangan Aplikasi Telegram
  4. Kesimpulan.
  5. Daftar Istilah Pencarian.

1. Sekilas Telegram.

Aplikasi Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba. Klien Telegram tersedia untuk perangkat telepon seluler (Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch) dan sistem perangkat komputer (Windows, OS X, Linux). Para pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, dan tipe berkas lainnya. Telegram juga menyediakan pengiriman pesan ujung ke ujung terenkripsi opsional.

Telegram dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP dan didukung oleh wirausahawan Rusia Pavel Durov. Kode pihak kliennya berupa perangkat lunak sistem terbuka namun mengandung blob binari, dan kode sumber untuk versi terbaru tidak selalu segera dipublikasikan, sedangkan kode sisi servernya bersumber tertutup dan berpaten. Layanan ini juga menyediakan API kepada pengembang independen. Pada Februari 2016, Telegram menyatakan bahwa mereka memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan, mengirimkan 15 miliar pesan per hari.

Kalo dulu ada yang namanya telegram yaitu surat kawat adalah berita yang berisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh alat yang disebut telegraf, dengan menggunakan kabel-kabel yang menghubungkan satu lokasi dengan lokasi yang lain. Fungsinya mungkin sama ya sebagai alat komunikasi, tetapi beda zaman, uniknya kesamaannya adalah cepat.

(kembali ke daftar isi)

2. Keunggulan Aplikasi Telegram.

Bisa dikatakan Aplikasi telegram punya banyak keunggulan daripada pesaing terdekatnya yaitu whatsapp, cuma kalah tenar dan kalah jumlah user ya. Apa saja keunggulannya yuk ah di simak:

2.1. Secret Chat

Secret merupakan salah satu fitur unggulan yang dimiliki Telegram. Dalam Secret Chat atau “Chat Rahasia” ini dilakukan dengan mengundang salah satu teman di kontak kita dan berkomunikasi secara rahasia dengannya. Pada Secret Chat ini dibekali dengan kemanan yang bagus yaitu encryption end-to-end dan pesanpun tidak dapat diforwarding atau teruskan ke chat lain. Aplikasi Telegram juga bisa digunakan untuk mengirim pesan rahasia. Pengguna bisa mengatur waktu tertentu agar pesan yang dikirim terhapus atau hilang setelah waktu yang ditentukan. Fitur tersebut disebut self-destruct timer.

(kembali ke daftar isi)

2.2. Gratis selamanya.

Telegram adalah aplikasi gratis dan akan terus gratis, tidak akan pernah ada iklan atau biaya lain untuk selamanya. Dulu WhatsApp sempat memberlakukan biaya per tahun, hingga akhirnya WhatsApp benar-benar gratis.

2.3. Telegram mengirim pesan lebih cepat.

Banyak pengguna yang merasakan jika mengirim pesan via Telegram lebih cepat dibandingkan WhatsApp karena Telegram berbasis cloud.

(kembali ke daftar isi)

2.4. Telegram Hemat Memory Internal

Keluhan banyak pengguna whatsapp adalah karena whatsapp boros memory untuk menyimpan media, apalagi jika banyak group yang ramai, smartphone bisa cepat kehabisan memory dan akhirnya jadi lelet. Dengan Telegram sobat tak perlu khawatir Telegram mengambil ruangan penyimpanan di smartphone sobat. Dengan basis cloud dan pilihan manajemen cache, Telegram dapat mengambil hampir nol ruang pada smartphone sobat.

2.5. Telegram Berbasis Cloud

Dengan berbasis Cloud sehingga gambar atau video yang terunduh tidak masuk ke penyimpanan telephone. Dan hebatnya Telegram bisa di gunakan untuk penyimpanan file cloud tak terbatas, jadi sobat bisa akses file dimanapun asal terinstall telegram.

(kembali ke daftar isi)

2.6. Multi Platform

Multi Platform yaitu aplikasi Telegram dapat berjalan di Mobile maupun Desktop. Klien Telegram tersedia untuk perangkat telepon seluler (Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch) dan sistem perangkat komputer (Windows, OS X, Linux).

2.7. Telegram Dapat di akses bersamaan dari banyak perangkat secara bersamaan

WhatsApp maupun Telegram dapat diakses pada PC atau laptop. Yang membedakan, menggunakan WhatsApp di PC mengharuskan aplikasi WhatsApp di smartphone tetap aktif. Sedangkan Telegram yang merupakan aplikasi messenger berbasis cloud mempunyai proses sinkronisasi yang mulus. Apabila pengguna sedang menggunakan komputer atau laptop, aplikasi Telegram pada telepon genggam tak perlu aktif sehingga lebih menghemat baterai.

Yang juga menarik :
1 daripada 5

(kembali ke daftar isi)

2.8. Telegram lebih ringan dijalankan.

Ukuran aplikasi yang lebih kecil membuat telegram lebih ringan dijalankan. Terutama untuk HP low-end. Hal ini bisa dilihat dari ukuran APK. Saat artikel ini di terbitkan Telegram versi 5.11.0 pada Android yang dikeluarkan pada 07 September 2019 memiliki ukuran 17,4 MB. Sedangkan WhatsApp versi 2.19.258 pada Android yang dikeluarkan pada 18 September 2019 memiliki ukuran aplikasi 25.1 MB.

2.9. Berbagi file dengan ukuran lebih besar.

Telegram lebih dulu memberikan fitur berbagai file. Sementara WhatsApp baru-baru ini ada fitur berkitim file PDF. tak hanya mengirim pesan, foto, dan video, telegram memberikan fitur berkirim file lebih bervariasi, mulai dari doc, zip, mp3, dll. Telegram juga mengizinkan berbagi foto, video, file (doc, zip, mp3, dan lain-lain) dengan ukuran maksimum 1.5 GB per file. Jauh lebih besar dibandingkan Whatsapp yang hanya memberikan ukuran amaksimum 16 MB.

(kembali ke daftar isi)

2.10. Grup yang lebih banyak menampung.

Grup WhatsApp hanya menampung maksimal 256, sudah meningkat dari seblumnya hanya 100 orang. Sementara pada situsnya, Telegram menyebutkan jika grup Telegram bisa menampung anggota grup hingga 5.000 orang. Wow!

2.11. Fitur Channel pada Telegram.

Proses penyiaran (broadcasting) dilakukan dengan benar menggunakan Channel. Channel dapat menampung jumlah anggota tak terbatas. Whatsapp tidak memiliki fitur untuk menangani penyiaran/broadcasting seperti Telegram. Meskipun WhatsApp memiliki fitur serupa dengan grupnya di mana hanya admin yang mengirimkan pesan. Namun, tampaknya orang belum benar-benar terbiasa dengan jenis grup tersebut.

(kembali ke daftar isi)

2.12. Telegram punya fitur Bot.

Fitur Bot adalah akun yang dijalankan oleh aplikasi (bukan) orang. Bot ini dilengkapi fitur AL (Artificial Intellegence atau kecerdasan buatan). Bot dapat melakukan apa saja seperti game, download apk, download video youtube, broadcasting dan apa saja aktivitas di internet.

2.13. Lebih interaktif.

Telegram membuat grup chat lebih hidup dengan fitur Reply, Mentions, Hashtags, dan Forwards. Tak hanya itu, pengguna Telegram juga bisa membuat stiker sendiri. Nah tentang fitur sticker ini sebenarnya WhatsApp telah mengenalkan fitur stiker beberapa bulan yang lalu, meskipun fitur itu cukup keren, tapi cara yang diberikan WhatsApp cukup rumit. Bahkan Apple melangkah lebih jauh dengan melakukan witchhunt untuk aplikasi WhatsApp Sticker karena setiap kali pengguna menginginkan stiker baru, harus mengunduh aplikasi stiker individual.

Hal itu menjadi tidak aman, karena sejumlah alasan, juga menyulitkan dalam hal penyimpanan dan navigasi. Namun, integrasi stiker Telegram jauh lebih baik dan semuanya ditangani di dalam aplikasi itu sendiri. Sehingga tidak memiliki aplikasi tambahan yang memakan memori di dalam smartphone.

(kembali ke daftar isi)

2.14. Telegram lebih aman.

Untuk penggunaan biasa, Telegram lebih aman dibandingkan dengan Whatsapp. Telegram juga memiliki fitur secret chat yang jauh lebih aman. Telegram mengklaim aplikasinya memiliki keamanan yang andal karena pesan yang terkirim tersandi (encrypted). Pemerintah Rusia pernah meminta pendiri Telegram untuk menyerahkan enkripsi keamanan aplikasi perpesanan tersebut. Namun, mereka menolaknya.

Alasan utama saya mendukung dan meluncurkan Telegram adalah untuk menyediakan sarana komunikasi yang tidak bisa diakses oleh intelijen Rusia,” kata Durov dalam wawancara dengan TechCrunch. Hal ini membuat Telegram semakin dicintai oleh para penggunanya.

(kembali ke daftar isi)

3. Kekurangan Aplikasi Telegram

Dibalik semua kelebihannya pasti ada kekurangannya yaitu:

  1. Sampai sekarang Telegram belum mempunyai fitur video call. Tetapi fitur telephone via telegram lebih riil. Jika whatsapp misalkan kita telpon, si penerima sedang offline akan tetap ada nada seperti menyambung jika kita tidak jeli, tidak dengan telegram nada sambung hanya jika telah benar-benar tersambung.
  2. Telegram tidak ada fitur stories seperti whatsapp.
  3. Basis penggunanya juga lebih kecil dibandingkan dengan Whatsapp yang memiliki 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia.

4. Kesimpulan.

Well semua pilihan terserah sobat, kalo saya sendiri memakai keduanya baik whatsapp maupun telegram, karena di whatsapp lah komunikasi dengan teman – teman saya, yah kita tahu hampir di semua smartphone whatsapp termasuk istilahnya aplikasi wajib install dan memiliki user terbesar. sedangkan telegram saya pakai untuk mengikuti berbagai channel yang bermanfaat dan juga ikut group besar beranggota ribuan macam komunitas blogger dan linux. Akhir kata jika sobat menyukai artikel seperti ini mohon berlangganan di mailing list untuk menerima update di inbox, atau bisa juga ikut di channel telegram kami.

(kembali ke daftar isi)

5. Daftar Istilah Pencarian.

  • aplikasi telegram
  • telegram adalah
  • telegram itu apa
  • telegram kelebihan dan kekurangan
  • telegram messenger
  • telegram untuk apa
  • telegram youtube downloader
Subscribe to our newsletter
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

Tinggalkan balasan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

3 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. […] Keunggulan Aplikasi Telegram […]