Kernel Linux Dan Fungsinya

Indahnya Berbagi:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kernel Linux Dan fungsinya

Hari ini hampir setiap orang menggunakan Linux. Saat ini hampir semua produk elektronik dibangun di atas Linux dan yang paling populer adalah perangkat android. Setiap hari hampir 850.000 perangkat Android diaktifkan yang merupakan terbesar dibandingkan dengan produsen perangkat mobile lainnya seperti Windows phone, iPhone dll Saat ini bukan hanya smartphone yang menjalankan Linux tapi setiap gadget lainnya dari TV sampai kulkas berjalan di atas linux. Jadi, bagaimana bisa semua ini terjadi dan semua tentang linux? Mari kita bahas di posting kali ini tentang inti linux itu sendiri yaitu kernel linux dan fungsinya.

Sebelum saya menjelaskan fungsi utama Kernel linux yang terkenal itu, sangat penting untuk mengetahui apa yang dimaksud Kernel Linux itu sendiri.

Apa itu Kernel linux?

Kernel linux adalah jantung dari sistem operasi. Tanpa Kernel, kita tidak bisa melakukan tugas apapun, karena kernel bertanggung jawab untuk menangani perangkat lunak dan perangkat keras dari komputer kita agar bekerja dengan benar dan dapat berinteraksi satu sama lain.

Sejarah Singkat Kernel Linux

Kernel Linux diluncurkan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds dan merupakan pemicu untuk pengembangan Linux seperti yang kita kenal sekarang (Anda dapat membaca perkembangan lengkapnya di linuxfoundation.org) kernel adalah bagian yang relatif kecil dari perangkat lunak yang membuat sebuah sistem Linux yang lengkap tetapi kernel adalah bagian yang menentukan seberapa baik sistem akan bekerja dan merupakan komponen yang benar-benar unik dari linux.

Kernel adalah salah satu proyek yang memiliki banyak kolaborator dan pengembang daripada proyek open source lainnya. Selain itu, proyek ini telah didokumentasikan dengan sangat baik sejak tahun 2005, menggunakan sistem manajemen kode sumber Git. Jika Anda ingin tahu semua dokumentasi Linux Anda dapat membuka website Linux Foundation.

Kernel Linux Dan fungsinya

The Linux Kernel archives

Versi pertama dari kernel Linux adalah 0.01 , diluncurkan pada tahun 1991 dan versi stabil pertama adalah 1.0.0 dan sejak saat itu kernel linux telah berevolusi dengan bantuan ribuan pengembang di seluruh dunia dan sampai sekarang sampai di versi 4.x, di samping itu, update stabil yang dirilis setiap dua atau tiga bulan untuk para penggunanya. Jika Anda ingin tahu semua versi, patch, pembaruan dan perubahan Anda dapat mengunjungi The Linux Kernel Archives.

Identifikasi Kernel

Setelah versi 2.6, kernel Linux telah mengalami perubahan tertentu dalam nomenklatur identifikasi, karena di masa lalu kernel linux diidentifikasi dengan tiga angka yang menunjukkan seri, versi, dan revisi dalam urutan itu. Sekarang, identifikasi ini diberikan oleh 4 angka yang dipisahkan oleh titik AA.BB.CC.DD di mana:

  • AA: Angka ini menunjukkan versi kernel.
  • BB: Dengan nomor ini, kita dapat mengetahui revisi dari kernel.
  • CC: Ini memberi kita informasi tentang apakah kernel memiliki revisi minor. Angka ini berubah ketika dukungan driver baru ditambahkan atau fitur baru ditambahkan ke kernel.
  • DD: Angka ini merupakan indikator update dan koreksi dari kegagalan dalam Kernel dan perubahan ketika koreksi dilakukan.
Kernel Linux Dan fungsinya

Fungsi kernel linux

Fungsi Kernel Linux

Fungsi utama dari Kernel adalah sebagai berikut:

  1. Mengelola memori RAM, sehingga semua program dan proses yang berjalan dapat bekerja.
  2. Mengelola timing prosesor, yang digunakan oleh proses yang berjalan.
  3. Mengatur akses dan penggunaan perangkat yang berbeda yang terhubung ke komputer.
Kernel Linux Dan fungsinya

Fungsi kernel linux

Di mana Kita Dapat Menemukan Kernel?

Semua distribusi Linux hadir dengan Kernel terintegrasi, yang dapat diperbarui secara otomatis oleh distribusi masing – masing distro. Semua core ini didasarkan pada Kernel dasar yang disebut Vanilla, disediakan langsung oleh Linus Torvalds, dari server kernel.org . Dimana, kita dapat mengakses repositori yang berbeda di mana Kernel Vanilla dapat diperoleh dengan mudah.

Jika kita ingin menginstal Kernel ini, kita harus men-download dan mengkonfigurasi secara manual. Ini adalah operasi yang agak rumit, yang hanya bisa dilakukan oleh pengguna tingkat lanjut, jadi jika Anda adalah pengguna pemula, lebih baik untuk memperbarui Kernel secara otomatis oleh distribusi linux favorit Anda.

Kernel Linux Apakah Yang Tertanam di Android?

Android menggunakan variasi dari kernel Linux, tetapi intinya adalah sama seperti kernel dalam distribusi linux yang lain. Kernel di android adalah inti dari sistem yang bertanggung jawab menjembatani komponen hardware dan aplikasi. Yang bertanggung jawab untuk menengahi antara hardware dan sistem, Android Kernel mencakup serangkaian komponen penting seperti kontroler layar, pengendali audio, kamera terintegrasi atau manajemen energi.

Inilah sebabnya mengapa orang yang ingin mencoba ROM yang berbeda sering juga bereksperimen dengan versi Kernel yang berbeda dibuat atau dimodifikasi oleh komunitas. Sebuah kernel pihak ketiga dapat mencakup peningkatan kinerja, memungkinkan overclock (meningkatkan frekuensi clock prosesor) atau menambahkan dukungan untuk fungsi-fungsi yang tidak termasuk dalam kernel pabrik (seperti tethering, misalnya).

Kernel Linux Dan fungsinya di android

Kernel Linux di Android

Untuk pengguna tingkat akhir (end user), versi Kernel sangat tidak relevan karena merupakan salah satu paket yang didistribusikan dengan versi terbaru dari sistem (atau ROM) yang telah diinstal pada perangkat, dan tak ada yang dapat anda lakukan dengan hal itu. Meskipun termasuk tanggal di mana Kernel disusun, memiliki tanggal yang agak lama atau kuno tidak masalah asalkan tidak ada error yang terdeteksi di dalamnya.

Dalam versi kernel, angka yang lebih besar tidak selalu lebih baik, karena kernel Android umumnya didasarkan pada tiga versi Kernel linux: 3.4, 3.10, dan 3.18. Bukanlah alasan yang tepat, untuk menginstal pembaruan pada Kernel hanya karena alasan lebih “baru”. Alasan harus lain, seperti optimasi kinerja atau perbaikan dalam daya tahan baterai.

Kesimpulan

Singkatnya, Kernel adalah jantung dari Linux dan juga salah satu proyek pengembangan open source terbesar dan yang paling penting , karena sudah ada perusahaan besar yang membantu untuk pengembangan kernel linux atau bantuan secara ekonomi seperti IBM, Google, Red Hat dan Texas Instruments.

Salah satu keuntungan dari kernel Linux adalah bahwa sangat memungkinkan untuk memperbarui kernel saja tanpa mempengaruhi keseluruhan dari sistem operasi, dengan beberapa perintah (menggunakan user root) di terminal. Kita dapat melakukan hal ini dalam beberapa menit atau bahkan lebih sederhana melalui Software Center, meskipun ini tergantung pada distribusi yang kita pilih. Dengan memperbarui hanya kernel sistem saja, kita akan memiliki tidak hanya peralatan yang lebih stabil juga lebih aman dan lebih cepat, semua dalam beberapa menit.

Demikian penjelasan dasar dan singkat mengenai kernel dan apa yang dilakukannya dalam sistem operasi Linux, kurang lebih demikian. Saya harap sobat dapat memahami artikel sederhana yang mungkin banyak kesalahan ini, jika ada saran kritik silahakan tulis di kolom komentar, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Sumber: diterjemahkan dari linuxandubuntu

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.