3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Trilogi Jalan Keselamatan dalam islam

Trilogi Jalan keselamatan menurut agama islam

0 130
Trilogi Jalan Keselamatan dalam islam
  • Version
  • 0 Download
  • 1.4 MB File Size
  • 1 File Count
  • 5 Februari 2020 Create Date
  • 2 Februari 2020 Last Updated

Buku yang ada di hadapan pembaca ini berjudul "Trilogi Jalan Keselamatan" ditulis oleh Ustadz abdullah roy, Lc. Yang intinya adalah penjelasan bagaimana mencari jalan keselamatan dalam islam, yaitu jalan yang paling selamat untuk kehidupan akhirat dan dunia kita. Banyak orang yang merasa bingung, mengikuti setiap persangkaan orang, mengikuti jalan nenek moyang, yang dia sendiri tidak tahu hakikat kebenarannya. Lalu jalan seperti apa yang paling tepat...?

Dunia Adalah Tempat Persinggahan

Dunia yang sementara, bagi manusia pada hakikatnya adalah tempat bersinggah untuk sebuah perjalanan panjang menuju alam yang kekal. Namun tidak semua manusia mengerti dan menyadari hal ini . Mereka memiliki pandangan yang berbeda terhadap dunia.

Sebagian mereka justru ada yang meyakini bahwa kehidupan di dunia ini adalah tujuan utama , sehingga dia curahkan waktu dan tenaga untuk mendapatkannya dan bersenang-senang dengannya . Mereka ini adalah orang-orang ingkar dengan hari pembalasan dan orang-orang yang mengikuti jalan mereka . Dan mereka inilah orang-orang yang menjauh dari jalan menuju Allah.

Allah  berfirman :

وَإِنَّ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِالْآخِرَةِ عَنِ الصِّرَاطِ لَنَاكِبُونَ

 

Artinya : Dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada negeri akhirat benar-benar menyimpang dari jalan (yang lurus). (QS. 23:74) (Referensi tafsir al-mukminun ayat 74)

Dan sebagian yang lain memahami bahwa dunia bukanlah tempat tujuan , namun dia adalah tempat berteduh sementara yang akan ditinggalkan menuju ke tempat peristirahatan abadi . Sehingga kita melihat mereka beramal dan berbekal untuk tujuan tersebut . Mereka ini adalah orang-orang yang percaya dengan adanya hari akhir dan hari pembalasan.

Pencarian Jalan Keselamatan

Dari keyakinan dengan adanya hari akhir inilah, akhirnya manusia berusaha mencari jalan yang paling singkat dan aman yang menyampaikan kepada tujuan. Maka bermunculanlah agama-agama, aliran-aliran, serta pemikiran-pemikiran yang menurut masing-masing dari penganutnya jalan itulah yang terbaik yang akan menyampaikan mereka kepada tujuan.

Kenyataan inilah yang menjadikan sebagian besar manusia bingung . Jalan manakah yang akan ditempuh? Sementara dia diharuskan berjalan dan tidak bisa berhenti , di lain pihak kesalahan di dalam memilih jalan adalah kebinasaan .

Jalan Keselamatan Menurut Agama Islam

Dari uraian di atas , kita bisa mengambil kesimpulan bahwa mengetahui jalan yang selamat adalah sesuatu yang penting dan darurat bagi kita semua . Usaha untuk mendapatkannya adalah usaha yang paling mulia , dan doa untuk mendapatkannya adalah doa yang paling bermanfaat di dunia dan akhirat. Karenanya umat islam diwajibkan untuk memohon kepada Allah  petunjuk untuk menempuh jalan ini setiap rakaat di dalam shalatnya.

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

Artinya : Tunjukilah kami jalan yang lurus, (QS. 1:6) (tafsir al-fatehah 6)

Berkata Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah :  "...Dan oleh sebab itulah , doa yang paling bermanfaat , paling agung , dan paling bijaksana adalah doa di dalam surat Al-Fatihah : Tunjukilah kami jalan yang lurus, (QS. 1:6) , (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. (QS. 1:7) , karena sesungguhnya seseorang ketika mendapat hidayah kepada Ash-Shirathal Mustaqim , maka Allah  akan menolongnya untuk taat dan meninggalkan kemaksiatan , dan dia tidak akan tertimpa kejelekan di dunia dan akhirat . ( Majmu' Fatawa Ibni Taimiyyah 3 / 281 )

Namun doa saja tidaklah cukup , harus disertai dengan usaha . Dan usaha pertama untuk menempuh jalan ini adalah mengenal sifat-sifat dan keistimewaan jalan Allah  , kemudian yang kedua berusaha untuk menempuhnya . Oleh karena itu, di dalam tulisan ini , penulis -dengan segala kekurangan yang ada padanya- ingin mengajak pembaca sekalian untuk bersama-sama mengetahui sifat- sifat jalan yang selamat tersebut, dengan harapan semoga Allah  berkenan membuka hati kita untuk berkumpul dan bersatu di atas jalan tersebut , kemudian bersama-sama berjalan menuju tempat kembali yang selama ini kita dambakan , surga Allah .

Preview Ebook Trilogi jalan keselamatan dalam Islam

Ini adalah preview 10 halaman awal dari 43 halaman ebook, silahkan anda download dari tombol download gratis yang sudah saya sediakan. Untuk membacanya di android bisa menggunakan 3 aplikasi pembaca ebook android bagi sobat yang memakai linux bisa memakai 6 aplikasi pembaca ebook terbaik untuk linux


Demikian pembahasan tentang buku trilogi jalan keselamatan dalam agama Islam. Semoga apa yang kami tulis menjadi penerus dakwah rosul, amal shalih dan ilmu yang bermanfaat bagi penulisnya maupun pembaca semuanya.


Terima kasih telah berkunjung dan mendownload.


 

File
Trilogi Jalan Keselamatan.pdf
Trilogi Jalan Keselamatan dalam islam
Trilogi Jalan Keselamatan dalam islam 1

Buku yang ada di hadapan pembaca ini berjudul "Trilogi Jalan Keselamatan" ditulis oleh Ustadz abdullah roy, Lc. Yang intinya adalah penjelasan bagaimana mencari jalan keselamatan dalam islam, yaitu jalan yang paling selamat untuk kehidupan akhirat dan dunia kita. Banyak orang yang merasa bingung, mengikuti setiap persangkaan orang, mengikuti jalan nenek moyang, yang dia sendiri tidak tahu hakikat kebenarannya. Lalu jalan seperti apa yang paling tepat...?

URL: http://www.raudhatulmuhibbin.org

Penulis: Ustadz Abdullah Roy, Lc.

Edisi Buku:

Nama : Trilogi Jalan Keselamatan
Penulis : Ustadz Abdullah Roy, Lc.
Tanggal Diterbitkan : 08/01/2008
Format : EBook

Peringkat Editor:
4
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja

Tinggalkan balasan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

5 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.