3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Download Ebook Hadist “Terjemah Bulughul Maram” pdf

0 116
Icon

Dalam Kategori :

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing sebuah file ebook hadist yaitu ebook Terjemah Bulughul Maram pdf. Sebuah kitab hadist yang dikarang oleh Ibnu Hajar al-'Asqalani (773 H/1372 M – 852 H/1449 M) beliau adalah seorang ahli hadits dari mazhab Syafi'i yang terkemuka. Nama lengkapnya adalah Syihabuddin Abul Fadhl Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Hajar, tetapi lebih dikenal sebagai Ibnu Hajar al-Asqalani dikarenakan kemasyhuran nenek moyangnya yang berasal dari Ashkelon, Palestina [1].

Nasab dan Kunyahnya

Beliau seorang imam yang sangat alim, lautan ilmu dan pemahamannya sangat luas, seorang tokoh penghulu dalam penelitian, pamungkas para hafizh dan qadhi yang sangat tenama. Beliau bergelar Syihabuddin dan bapaknya memberi kunyah Abul Fadhl Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin AIi bin Mahmud bin Ahmad al-Kinani al-Asqalani al- Mishri asy-Syafi'i yang dikenal dengan lbnu Hajar.

Kelahirannya

Beliau lahir pada tahun 773 Hijriyah di Mesir.

Kedudukannya di Tengah Para Ulama

Al-Hafizh Ibnu Hajar mempunyai posisi yang sangat bagus dan sangat masyhur serta memiliki nama yang cukup harum di tengah para ulama. Beliau salah seorang ulama ahli hadits yang paling tersohor dan peneliti yang sangat cermat dan teliti.

Para ulama pada zamannya sepakat memberi julukan al-Hafizh kepada beliau. Dan di zamannya, beliau mendapat pujian dari para ulama, sementara orang yang pertama kali memberi julukan al-Hafizh adalah guru beliau, al-Allamah Zainuddin al-lraqi, sehingga nama beliau menjadi besar dan dikenal sebagai pakar hadits paling cerdas dan alim di antara para sahabatnya tentang masalah hadits. Ketika menjelang wafat, al-Hafizh al- Iraqi ditanya: Siapa orang yang paling bagus dalam ilmu hadits setelahmu? Beliau menjawab, "lbnu Hajar kemudian anakku Abu Zur'ah kemudian al- Haitsami."

Beliau juga memuji dan menyanjung lbnu Hajar dengan mengatakan, "Syaikh yang sangat alim, sempurna, memiliki banyak keutamaan, seorang pakar hadits yang banyak memberi faidah dan memiliki keagungan serta seorang penghafal yang sangat kuat, cermat, teliti dan terpercaya dalam menyampaikan ilmu hadits."

salah seorang muridnya, al-Baqa'i berkata, "Beliau adalah syaikhul Islam, figur umat manusia, panji orang-orang berilmu dan para imam, bintang bagi para pengikutnya para imam, hafizh pada zamannya, ustadz pada masanya dan pemimpin ulama serta penghulu para ahli fiqih ...."

Karangan dan Manuskripsinya

Diantara hasil karya beliau yang paling terkenal antara lain:

  • FathulBari syarh shahih Al-Bukhari, kitab beliau yang terbaik.
  • Tahdzibut Tahdzib.
  • Lisanul Mizan.
  • At-Talhisul Habir.
  • Ad-Durarul Kaminah Fi A'yanil Miah Tsaminah.
  • Nuhbatul Fikar.
  • Al-Ubab Fi Bayanil Asbab - Beliau belum menulis ulang secara sempurna.
  • Syifa-ul Ghilal Fi Bayanil llal.
  • Taghliqut Ta'liq 'ala Shahih Al-Bukhari.
  • Bulughul Maram min Jam'i Adilatil Ahkam. Ibnu Daqiq al-'led telah meringkasnya dalam kitab al Ilmam dan beliau telah memberinya tambahan.
  • Al-lshabah fi Tamyiz Ash-Shahabah

Dan masih banyak lagi karya beliau yang tidak bisa disebutkan di sini. Menurut murid utamanya, yaitu Imam As-Sakhawi, karya dia mencapai lebih dari 270 kitab. Kebanyakan karyanya berkaitan dengan pembahasan hadits, secara riwayat dan dirayat.

Wafatnya

Beliau wafat pada tahun 852 Hijriyah dan dimakamkan di Kairo, Mesir. Semoga Allah merahmati beliau.

Faidah

Takhrij hadits (dalam buku ini-pent.) merujuk kepada metode takhrij al-Allamah Syaikh al-Albani ,dengan disertai penyebutan derajat hadits masing-masing, baik dari sisi keshahihan atau kedhaifannya. Dan ketika kita tidak menemukan komentar Syaikh al-Albani dalam hadits tersebut, kita menggunakan standar ulama lain seperti Syaikh Ahmad Syakir dan az- Zaila'i serta yang lainnya.

Preview Ebook Terjemah Bulughul Maram pdf

Ini adalah preview 100 halaman awal dari 738 halaman ebook, silahkan anda download dari tombol download gratis yang sudah saya sediakan. Untuk membacanya di android bisa menggunakan 3 aplikasi pembaca ebook android bagi sobat yang memakai linux bisa memakai 6 aplikasi pembaca ebook terbaik untuk linux

Demikian pembahasan tentang Download Ebook Terjemah KItab Bulughul maram pdf yang dapat kami sebutkan. Semoga apa yang kami tulis menjadi penerus dakwah rosul, yaitu dakwah tauhid, semoga menjadi amal shalih dan ilmu yang bermanfaat bagi penulisnya maupun pembaca semuanya.


Catatan Kaki :

  1. Ashkelon atau Ashqelon (bahasa Ibrani אַשְׁקְלוֹן) ialah sebuah kota di palestia yang sekarang di duduki oleh Israel. Kota ini terletak di pesisir Laut Tengah selatan Ashdod dan di utara Jalur Gaza. https://id.wikipedia.org/wiki/Ashkelon
  2. Al-Hafizh iIalah gelar untuk ahli hadits yang dapat menshahihkan sanad dan matan hadits dan dapat men-ta’dil-kan dan men-jarh-kan rawinya. Seorang al-hafidh harus menghafal hadits-hadits shahih, mengetahui rawi yang waham (banyak purbasangka), illat-illat hadits dan istilah-istilah para muhadditsiin. Menurut sebagian pendapat, al-hafidh itu harus mempunyai kapasitas hafalan 100.000 hadits. Para muhadditsiin yang mendapat gelar ini antara lain : al-Iraqi, Syarifuddin ad-Dimyathi.Ibnu Hajar al-Asqalani, dan Ibnu Daqiqi al-’Iegd. Kalo sekarang julukan al Hafizh adalah untuk orang yang menghapal alquran, bukan itu maksudnya.

Terima kasih telah berkunjung dan mendownload.


  • Version
  • Download 7
  • File Size 34 MB
  • File Count 1
  • Create Date 11 Mei 2020
  • Last Updated 11 Mei 2020
File
Terjemahan Bulughul Maram.pdf
Download Ebook Hadist "Terjemah Bulughul Maram" pdf
Download Ebook Hadist "Terjemah Bulughul Maram" pdf 1

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing sebuah file ebook hadist yaitu ebook Terjemah Bulughul Maram pdf. Sebuah kitab hadist yang dikarang oleh Ibnu Hajar al-'Asqalani (773 H/1372 M – 852 H/1449 M) beliau adalah seorang ahli hadits dari mazhab Syafi'i yang terkemuka. Nama lengkapnya adalah Syihabuddin Abul Fadhl Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Hajar, tetapi lebih dikenal sebagai Ibnu Hajar al-Asqalani dikarenakan kemasyhuran nenek moyangnya yang berasal dari Ashkelon, Palestina

Penulis: Ibnu Hajar Al-Asqalani

Edisi Buku:

Nama : Terjemahan Bulughul Maram
Penulis : Ibnu Hajar Al-Asqalani
Format : EBook

Peringkat Editor:
5
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja

Tinggalkan balasan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

20 − four =