3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Taubat Jalan Menuju Surga

0 503
Taubat Jalan Menuju Surga
  • Version 3
  • Download 1
  • File Size 1.6 MB
  • File Count 1
  • Create Date 17 Januari 2020
  • Last Updated 16 Januari 2020

Buku yang ada di hadapan pembaca ini berjudul taubat jalan menuju surga dengan judul asli At- Taubah, Thariqun ilal Jannah  yang ditulis oleh : Abdul Hadi bin Hasan Wahby. Dalam buku ini akan di bahas keutamaan taubat dari alqur'an dan assunah, pengertian taubat, syarat taubat dan nasehat setelah taubat.

Apa itu Taubat?

Taubat artinya: Meninggalkan maksiat kepada Allah dan kembali ketaatan, karena Allah-Iah yang berhak disembah, dan hakekat penyembahan adalah: rendah dan tunduk kepada yang disembah dengan penuh kecintaan dan penghormatan.

Sesungguhnya hakikat taubat adalah kembali kepada Allah disertai keteguhan melaksanakan apa yang diperintahkan dan meninggalkan apa yang dilarang. Kembali dari kemaksiatan kepada ketaatan, dari keburukan kepada kebaikan dari jalan setan kepada jalan ar-Rahman (Allah Ta'ala).

Taubat, bukan hanya dari perbuatan dosa saja sebagaimana dikira banyak orang yang menggambarkan bahwa taubat hanya layak dilakukan oleh mereka yang telah terjerumus dalam lembah nista seperti zina, minuman keras dan semacamnya.

Bahkan taubat yang dilakukan manakala seseorang meninggalkan kebaikan yang diperintahkan lebih penting dari taubat karena perbuatan keburukan yang dilanggar.

Ikhlas kepada Allah dan tawakkal kepadaNya serta cinta dan harap terhadap rahmat-Nya serta takut dari azab-Nya, sabar dalam melaksanakan perintah-Nya, menjauhkan apa yang dilarang serta menyerah terhadap segala keputusan-Nya dan yang semacamnya dari tindakan lahir maupun batin, semua itu adalah termasuk kewajiban-kewajiban.

Syarat Taubat

Syarat taubat ada 5 yaitu:

  1. Ikhlas kepada Allah azza wa Jalla.
  2. Menyesal.
  3. Melepaskan diri dari maksiat.
  4. Bertekad untuk tidak kembali melakukannya.
  5. Masih berlaku masanya

Untuk penjelasan yang lebih detail bisa sobat baca di ebook

Mengapa Perlu Bertaubat?

Sesungguhnya maksiat merupakan sebab segala bencana dan kesengsaraan. Jika dia tumbuh disebuah negeri, akan menjadi penyebab hancurnya negeri tersebut, jika dia tersebar di sebuah masyarakat juga akan menjadi penyebab hancur dan binasanya masyarakat tersebut.

Allah telah membinasakan umat terdahulu semata-mata karena dosa. Yang selamat di antara mereka tidak lain karena taubat dan ketaatan. Jadi,setiap musibah dan kesempitan dalam setiap bidang, baik individu ataupun sosial, sebabnya adalah perbuatan maksiat, menyepelekan dan melupakan perintah dan syariat Allah Azza wa Jalla.

Kitab Allah merupakan bukti terbaik. Bencana dahsyat telah menenggelamkan kaum Nabi Nuh, badai besar telah membinasakan kaum 'Ad, kaum Tsamud diluluh lantakkan oleh gelegar suara, dan negeri kaum Luth dijungkir balikkan.

Allah ta'ala berfirman:

فَكُلًّا أَخَذْنَا بِذَنْبِهِ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا وَمِنْهُمْ مَنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُمْ مَنْ خَسَفْنَا بِهِ الْأَرْضَ وَمِنْهُمْ مَنْ أَغْرَقْنَا ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَٰكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ

"Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya. Di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan diantara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan. Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri". (Qs. al-Ankabut: 40) [baca tafsirnya]

Bahaya maksiat dan dosa sungguh sangat besar,karena dia pasti menyebabkan kehinaan dan kerugian, serta terhalangnya seseorang dari jalan Allah dan mewariskan kerendahan.

Keutamaan Taubat

AlIah Ta'ala telah memerintahkan dalam kitab-Nya, begitu pula Rasulullah, agar kita beristighfar dan bertaubat kepada-Nya, Karena "kebutuhan makhluk terhadap hal tersebut (taubat) sangat besar, setiap orang butuh untuk memahamiya kemudian beramal sesuai tuntutan-tuntutannya"

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ ۖ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ

"Hendaklah kalian meminta ampun kepada Tuhan kalian dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kalian,mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepada kalian sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kalian berpaling, maka sesungguhnya aku takut kalian akan ditimpa siksa hari kiamat". (Qs. Hud: 3)

Ayat yang mulia ini menunjukkan bahwa istighfar dan taubat kepada Allah Ta'ala dari dosa menyebabkan datangnya kebaikan dari Allah kepada orang yang melakukannya hingga waktu yang telah ditentukan.

Yang dimaksud dengan Mata'an Hasanan (dalam ayat di atas) adalah: "keluasan rizqi, kehidupan yang tentram dan keselamatan di dunia"

Preview Ebook Taubat Jalan Menuju Surga

Ini adalah preview 35 halaman awal dari 89 halaman ebook, silahkan anda download dari tombol download gratis yang sudah saya sediakan. Ebook ini dalam format djvu untuk membacanya di android bisa menggunakan 3 aplikasi pembaca ebook android bagi sobat yang memakai linux bisa memakai 6 aplikasi pembaca ebook terbaik untuk linux

Terima kasih telah berkunjung dan mendownload.

Semoga bermanfaat.

File
Taubat Jalan Menuju Surga.djvu
Taubat Jalan Menuju Surga
Taubat Jalan Menuju Surga 1

Buku yang ada di hadapan pembaca ini berjudul taubat jalan menuju surga dengan judul asli At- Taubah, Thariqun ilal Jannah  yang ditulis oleh : Abdul Hadi bin Hasan Wahby. Dalam buku ini akan di bahas keutamaan taubat dari alqur'an dan assunah, pengertian taubat, syarat taubat dan nasehat setelah taubat.

Penulis: Abdul Hadi bin Hasan Wahby

Edisi Buku:

Edisi : ketiga
Nama : Taubat jalan menuju surga
Penulis : Abdul Hadi bin Hasan Wahby
Tanggal Diterbitkan : 03/01/2008
Format : EBook

Peringkat Editor:
4
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja
Loading...