3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Kajian ke:007 Kunci Meraih Nikmat Keamanan dan Hidayah

0 60
Kajian ke:007 Kunci Meraih Nikmat Keamanan dan Hidayah
  • 1 Version
  • 0 Download
  • 0.00 KB File Size
  • 1 File Count
  • 4 Desember 2019 Create Date
  • 3 Desember 2019 Last Updated

Pembahasan kitab tauhid memasuki bab yang kedua dengan judul keistimewaan tauhid, dan dosa dosa yang di hapuskan karena tauhid. Kita selalu berbuat dosa dan yang terbaik di antara pendosa adalah yang bertobat. Tauhid adalah amalan yang terbesar dan tauhid adalah sebab terbesar seseorang mendapat ampunan. Di kajian kali ini Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray menerangkan tentang kunci meraih nikmat keamanan dan hidayah.

Dalil yang pertama Surat Al-An’am Ayat 82

الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ

Arab-Latin:

Allażīna āmanụ wa lam yalbisū īmānahum biẓulmin ulā`ika lahumul-amnu wa hum muhtadụn

Terjemah Arti:

Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya, dan melaksanakan syariatNya dan tidak mencampuradukkan keimanan mereka dengan kesyirikan, mereka itulah yang akan mendapatkan ketenangan dan keselamatan, dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh taufik menuju jalan yang haq.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

82. Hanya orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengikuti syariat-Nya, serta tidak mencampur iman mereka dengan syirik sajalah yang akan mendapatkan kedamaian dan keselamatan, bukan golongan yang lain. Mereka adalah orang-orang yang mendapatkan bimbingan. Mereka dibimbing oleh Rabb mereka ke jalan yang benar.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

 الَّذِينَ ءَامَنُوا۟

(Orang-orang yang beriman) Yakni mereka adalah orang-orang yang lebih berhak mendapat keamanan daripada orang-orang musyrik.

وَلَمْ يَلْبِسُوٓا۟ إِيمٰنَهُم بِظُلْمٍ

(dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman) Yakni yang tidak mencampurnya dengan kezaliman. Dan yang dimaksud dengan kezaliman disini adalah kesyirikan, karena syirik merupakan perbuatan menjadikan peribadatan untuk yang berhak diibadahi; sedangkan makna zalim adalah menolak memberikan hak kepada yang berhak dan memberikannya kepada yang tidak berhak.

Ibnu mas’ud berkata: ketika ayat ini diturunkan para sahabat Rasulullah merasa berat, lalu mereka berkata kepadanya: “siapa yang mampu untuk tidak menzalimi dirinya?”. Maka rasulullah menjawab: “ayat ini tidak seperti apa yang kalian bayangkan, tetapi ayat ini sebagaimana yang Lukman al-hakim katakan: Hai anakku, janganlah kamu berbuat syirik kepada Allah, karena kesyirikan sungguh adalah kezaliman yang besar.”

Referensi: https://tafsirweb.com/2206-surat-al-anam-ayat-82.html

Preview audio

File
007 Kunci Meraih Nikmat Keamanan dan Hidayah (Kitab Tauhid).mp3
Kajian ke:007 Kunci Meraih Nikmat Keamanan dan Hidayah
Kajian ke:007 Kunci Meraih Nikmat Keamanan dan Hidayah 1

Pembahasan kitab tauhid memasuki bab yang kedua dengan judul keistimewaan tauhid, dan dosa dosa yang di hapuskan karena tauhid. Kita selalu berbuat dosa dan yang terbaik di antara pendosa adalah yang bertobat. Tauhid adalah amalan yang terbesar dan tauhid adalah sebab terbesar seseorang mendapat ampunan. Di kajian kali ini Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray menerangkan tentang kunci meraih nikmat keamanan dan hidayah

Penyedia Kursus: Person

Nama Penyedia Kursus: Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray

URL Penyedia Kursus: https://sofyanruray.info/

Peringkat Editor:
4
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja

Tinggalkan balasan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

three × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.