3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Kunci Kebahagiaan

0 89

Segala puji bagi Allah SWT. Hanya kepada-Nya kami memuji, meminta pertolongan, dan memohon ampunan. Kami memohon perlindungan-Nya dari segala keburukan diri dan perbuatan kami. Barangsiapa yang diberikan petunjuk oleh Allah, maka tak seorang pun akan mampu menyesatkannya. Dan barangsiapa yang disesatkan oleh-Nya, maka tak seorang pun akan mampu memberinya petunjuk. Kitab yang ada di hadapan pembaca yaitu "Kunci kebahagiaan" merupakan salah satu buku yang ditulis oleh seorang pengarang besar yaitu Ibnu Qayyim al-Jauziyyah.

Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan (Yang berhak untuk disembah) selain Allah. Dialah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya.

Allah berfirman,

"Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa dan janganlah kalian matt selain kalian dalam keadaan berserah diri (kepada Allah)." (Ali 'Imran: 102)

"Wahai umat manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang menciptakan kami dari satu jiwa dan menciptakan dari jiwa itu pasangannya dan menebarkan dari keduanya laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah tempat kamu meminta dan jagalah hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah senantiasa mengawasi kamu." (an-Nisaa': 1)

"Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar. Dengan demikiran, Allah memperbaiki perbuatan dan mengampuni dosa-dosamu. Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya dia telah memperoleh kemenangan besar." (al-Ahzaab: 70-71)

Siapa Pengarang kitab ini..?

Kitab yang ada di hadapan pembaca yang mulia merupakan salah satu buku yang ditulis oleh seorang pengarang besar yaitu Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Sebuah tulisan yang sarat dengan faedah, ilmu, dan nasehat-nasehat yang banyak diambil oleh para ulama sesudahnya, dipelajari para ahli fikih, dan disinggung oleh para khatib dalam khutbahnya. Dia menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan, ustadz dalam ilmu fikih, menguasai ilmu aqidah, seorang kritikus karena menguasai ilmu Jarh wa Ta'di'l, seorang yang zuhud dan wara', argumentasinya sangat memuaskan lawan, juga menguasai bidang ilmu falak, dan pengetahuan alam secara umum.

Sekilas Isi Kitab "Kunci Kebahagiaan"

Tulisannya ini merupakan tulisan yang cukup besar di antara tulisannya yang lainnya (Seperti e book kemarin mawaridul amman atau managemen qolbu). Dia berbicara secara detail tentang rahasia Allah dalam menurunkan Adam ke bumi, setelah dikeluarkan dari surga-Nya, serta menjelaskan tentang surga yang dihuni oleh Adam. Dia seorang mufassir besar ketika bicara masalah tafsir.

Dan dalam tulisannya ini, dia memperlihatkan kecerdasannya ketika memberikan penafsiran tentang ayat-ayat Allah dalam surat Thaha yang berkaitan dengan masalah Adam dan keturunannya. Dia membedah tempat kebahagiaan hakiki (surga) dalam kitab yang ia namakan dengan itu. Dia berbicara tentang kebahagiaan yang datang karena ilmu, dan kehendak serta berbagai macam keutamaan dan kemuliaan ilmu tersebut, bahwasanya ia lebih utama dibanding dengan harta dan argumentasi yang sangat memukau. Selanjutnya Ibnu Qayyim masuk ke dalam bahasan penting lainnya. Yaitu tentang penciptaan manusia, penciptaan alam, bintang gemintang, dan penciptaan bumi, serta membongkar rahasia diciptakannya neraka.

Kemudian ia masuk ke dalam bahasan tentang berbagai hikmah diciptakannya bermacam-macam makanan pokok, buah-buahan, dan dedaunan. Juga keajaiban- keajaiban yang terjadi pada berbagai makhluk ciptaan Allah, baik itu manusia, hewan, maupun keajaiban alam lainnya. Dia mengkhususkan bahasan tentang kondisi hamba ketika menghadap Allah, dia bahas secara detail, sebuah bahasan yang tidak kami temukan dalam tulisan lainnya.

Semoga Allah memberikan keikhlasan bagi penulis, dan tulisannya dapat bermanfaat bagi kaum muslimin. Sesungguhnya tiada daya dan upaya serta kekuatan kecuali karena Allah.

Pentahqiq Abu Hafsh Sayyid bin Ibrahim bin Shadiq Imran

Buku ini tidak untuk tujuan komersil, tujuan utama untuk menyambung dakwah para rosul


File
kunci-kebahagiaan.pdf
Kunci Kebahagiaan
  • Version
  • 0 Download
  • 4.8 Mb File Size
  • 1 File Count
  • 20 November 2019 Create Date
  • 28 November 2019 Last Updated

post_title
Kunci Kebahagiaan 1

post_excerpt

Penulis: Ibnu Qoyyim Al-Jauziah

Edisi Buku:

Format : Hardcover

Peringkat Editor:
4
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja

Tinggalkan balasan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

15 − 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.