3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Kumpulan 242 Hoax Terkait Virus Corona Yang Terlanjur Diyakini

Kumpulan 242 Bantahan kominfo Terkait Hoax Tentang Corona Virus Yang Terlanjur Beredar dan Diyakini Masyarakat

0 246
Icon

Dalam Kategori :
lporan isu hoax virus corona kominfo

Di buku ini akan anda temukan kumpulan bantahan kominfo terkait hoax tentang corona virus yang terlanjur beredar dan diyakini masyarakat. Ada sekitar 242 isu hoax, update 17 maret 2020. Hoax adalah berita bohong yang disebarkan oleh orang yang ingin mengambil keuntungan dari suatu momen tertentu tak terkecuali momen merebaknya virus corona pada saat ini. Entah apa yang ada di pikiran mereka, bisa jadi berita bohong tersebut membahayakan dan meresahkan masyarakat, parahnya kebanyakan masyarakat tidak sadar, tidak mau kroscek dan begitu saja ikut menyebarkan hoak lewat pesan berantai group whatsapp dan media sosial.

Pengertian hoak adalah...

Dilansir dari halaman wikipedia berita palsu atau berita bohong atau hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya.Hal ini tidak sama dengan rumor, ilmu semu, maupun April Mop.

Menurut KBBI, hoax mengandung makna berita bohong, berita tidak bersumber. Menurut Silverman (2015), hoax merupakan sebagai rangkaian informasi yang memang sengaja disesatkan, tetapi “dijual” sebagai kebenaran. Menurut Werme (2016), mendefiniskan Fake news  sebagai berita palsu yang mengandung informasi yang sengaja menyesatkan orang dan memiliki agenda politik tertentu. hoax bukan sekadar misleading alias menyesatkan, informasi dalam fake news juga tidak memiliki landasan faktual, tetapi disajikan seolah-olah sebagai serangkaian fakta.

Kemunculan internet semakin memperparah sirkulasi hoax di dunia. Sama seperti meme, keberadaannya sangat mudah menyebar lewat media-media sosial. Apalagi biasanya konten hoax memiliki isu yang tengah ramai di masyarakat dan menghebohkan, yang membuatnya sangat mudah memancing orang membagikannya.

Menteri Komunikasi dan Informatika pernah mengungkapkan bahwa hoax dan media sosial seperti vicious circle, atau lingkaran setan. Dari situ langkah pencegahan mulai gencar dilakukan. Termasuk oleh Facebook dan Twitter sebagai pemilik platform yang membuat tim khusus untuk meminimalisasi keberadaannya. Ditambah lagi dengan kemunculan media abal-abal yang sama sekali tak menerapkan standar jurnalisme. Peran media profesional yang seharusnya membawa kecerahan dalam sebuah persoalan yang simpang siur di masyarakat semakin lama semakin tergerus.

Jenis misinformasi dan disinformasi

Disinformation vs Misinformation

  • Satire atau Parodi, dibuat dengan tidak berniat untuk merugikan, tetapi berpotensi untuk mengelabui.
  • Konten yang Menyesatkan, di dalamnya biasanya ada penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
  • Konten Tiruan, Ini adalah ketika sebuah sumber asli ditiru / diubah untuk mengaburkan fakta sebenarnya.
  • Konten Palsu, berupa konten baru yang 100% salah dan secara sengaja dibuat, didesain untuk menipu serta merugikan.
  • Keterkaitan yang Salah, Ini adalah ketika judul, gambar, atau keterangan tidak mendukung konten atau tidak terikat antara satu dengan yang lainnya.
  • Konten yang Salah, ketika konten yang asli dipadankan atau dikait-kaitkan dengan konteks informasi yang salah.
  • Konten yang dimanipulasi, ketika informasi atau gambar yang asli sengaja dimanipulasi untuk menipu.

Mengapa hoax tetap ada...?

Berbagai cara telah dilakukan, baik oleh pemerintah maupun masyarakat yang peduli dengan maraknya hoax di kehidupan masyarakat. Pemerintah misalnya telah membuat pagar hukum dengan menyetujui lahirnya Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektonik, memblokir situs-situs yang menyebarkan hoax, menangkap sindikat penyebar hoax hingga membentuk lembaga siberkreasi yang berfokus dalam menangani hoax.

Tidak hanya itu, masyarakat juga turut serta dalam menekan peredaran hoax dengan memberikan klarifikasi terhadap hoax. Diantaranya adalah Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) yang secara aktif dan peduli memberikan klarifikasi akan hoax hingga melakukan literasi media, baik dikalangan masyarakat hingga jurnalis. Lantas muncul pertanyaan, sebenarya faktor apa saja yang mempengaruhi hoax masih terus ada dan berkembang.

Berikut beberapa alasan hoax tetap exsis.

  • Jurnalisme yang lemah, jurnalisme yang lemah membuat konten hoax terus berkembang karena tidak terbiasa dengan proses verifikasi, cek dan recheck. Peran media profesional yang seharusnya membawa kecerahan dalam sebuah persoalan yang simpang siur di masyarakat semakin lama semakin tergerus.
  • Ekonomi, Faktor ekonomi yang lemah membuat peredaran hoak terus ada. Bagaimana tidak, dengan memproduksi hoax atau mengarang berita seseorang bisa mendapatkan penghasilan yang dapat mendokrak ekonominya.
  • Internet, kemunculan internet semakin memperparah sirkulasi hoax di dunia. Sama seperti meme, keberadaannya sangat mudah menyebar lewat media-media sosial. Apalagi biasanya konten hoax memiliki isu yang tengah ramai di masyarakat dan menghebohkan, yang membuatnya sangat mudah memancing orang membagikannya.
  • Munculnya media abal-abal, kemunculan media abal-abal sama sekali tak menerapkan standar jurnalisme. Keadaan ini tentu semakin memperburuk kualitas informasi yang tersebar di masyarakat.
  • Pendidikan, rendahnya kualitas pendidikan membuat seseorang tidak bisa menyaring informasi yang diterimanya apalagi mencoba untuk bertindak kritis dengan membandingkan setiap informasi yang diterimanya dengan informasi yang ada di berbagai media mainstream.
  • Literasi media yang rendah, rendahnya literasi media membuat seseorang cenderung mempercayai sebuah informasi yang diterima, didapatkannya tanpa melakukan verifikasi. Rendahnya literasi media membuat seseorang cenderung untuk membagikan setiap informasi yang didapatkannya kepada orang lain tanpa mengetahui kebenaran dari sebuah informasi tersebut.

Preview ebook Laporan isu hoax coronavirus kominfo

Ini adalah preview 50 halaman awal dari 243 halaman ebook, silahkan anda download dari tombol download gratis yang sudah saya sediakan. Untuk membacanya di android bisa menggunakan 3 aplikasi pembaca ebook android bagi sobat yang memakai linux bisa memakai 6 aplikasi pembaca ebook terbaik untuk linux

Contoh hoax populer yang berada di ebook

  1. Menteri Nadien dinyatakan positiv corona, ternyata menteri nadien dorries, menteri kesehatan inggris.
  2. Lemon panas dapat membunuh sel kanker dan dikaitkan dengan covid-19, nyatanya berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa lemon panas dapat membunuh sel kanker adalah klaim yang tidak didukung oleh bukti medis yang kredibel. Ini adalah isu lama yang beredar kembali dan dikaitkan dengan wabah virus Corona atau Covid-19.
  3. Obat anti malaria chloroquine ampuh sembuhkan virus corona, nyatanya Janet Diaz, Kepala Perawatan Klinis dalam Program Emergensi WHO saat konferensi persnya pada tanggal 20 Februari 2020 mengatakan bahwa belum ada bukti tentang klorokuin dapat mengobati Covid-19 dan ia menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada vaksin atau obat antivirus yang spesifik untuk mencegah atau mengobati Covid-19. Sebagai catatan agar tidak minum obat klorokuin fosfat tanpa resep Dokter dan obat antimalaria klorokuin telah dilarang di Nigeria sejak 2005, setelah WHO memperingatkan tingkat kegagalan obat yang tinggi dan temuan kasus resistensi obat di beberapa negara.
  4. Asap rokok mampu membunuh Virus Corona Beredar di media sosial Facebook sebuah unggahan yang menginformasikan bahwa asap rokok mampu membunuh Virus Corona karena komposisi rokok terdiri dari tembakau dan cengkeh. FAKTANYA informasi tersebut dibantah oleh Dokter Spesialis Paru Feni Fitriani, Ketua Pokja Masalah Rokok Perhimpunan Dokter Paru Indonesia yang mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar. Bahkan, seorang perokok lebih mudah menjadi sakit bukan hanya Virus Corona namun juga penyakit lainnya seperti kanker paru. ( baca : kenapa rokok haram )
  5. Minum alkohol bisa kurangi risiko terkena corona. Seharusnya yang dilakukan orang-orang adalah menerapkan kebiasaan menjaga kebersihan yang baik. Cara yang dianjurkan, seperti rutin cuci tangan pakai sabun, hindari orang sakit, jangan sentuh area wajah, dan tutup mulut saat batuk atau bersin. Ini hanya alibi orang yang suka mabuk.
  6. Urin dan kotoran sapi jadi obat virus corona. Menurut Health Analytic Asia, platform kolaborasi berita kesehatan yang dibuat oleh para jurnalis dan dokter di India, klaim tersebut tidak memiliki dasar ilmiah. Para dokter telah mengkonfirmasi bahwa kotoran serta urin sapi tidak mengandung obat dan belum pernah diresepkan sebagai obat. Kotoran dan urin sapi pun tidak dapat menyembuhkan Covid-19 karena belum ada satupun ilmuwan yang membuat pernyataan semacam itu.
  7. Virus corona bisa mati karena terkena sinar matahari. FAKTANYA setelah ditelusuri, pernyataan yang menyebutkan bahwa Virus Corona akan hilang saat terkena sinar matahari adalah tidak benar. Wakil Kepala Bidang Penelitian Fundamental Lembaga Biologi Molekular Eijkman, Herawati Sudoyo menjelaskan belum ada penelitian mengenai hal tersebut. Ia juga menambahkan bahwa virus tersebut bisa mati pada suhu 56 derajat selama 30 menit. Namun ia meragukan apabila dikatakan Virus tersebut akan hilang jika terkena sinar matahari. Ia juga menjelaskan bahwa suhu di Indonesia tidak sampai 56 derajat celcius. Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia juga menjelaskan bahwa lampu sinar ultraviolet sekalipun tidak mampu membunuh Virus Corona.
  8. Masjidil Haram kosong akibat virus corona. FAKTANYA Konsul Haji KJRI, Endang Jumal membantah kabar bahwa kondisi Masjidil Haram kosong dari jemaah Menurut Endang, jumlah jemaah di Masjidil Haram memang berkurang tapi tidak sampai kosong. Endang menegaskan masih banyak jemaah yang umrah yang berada di Makkah dan Madinah. Bahkan, masih banyak pula warga Arab Saudi yang melakukan tawaf di Masjidil Haram.
  9. Tisue basah dapat mengganti fungsi masker untuk mencegah virus corona. FAKTANYA Informasi tersebut dibantah oleh Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat Biro Komunikasi Kemenkes RI Busroni, Ia mengatakan bahwa penggunaan tisu basah untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah keliru. Busroni juga menegaskan, penggunaan tisu basah justru akan mempermudah partikel-partikel di udara menempel pada bagian kulit yang dengan tidak sengaja bisa terhirup. Faktanya, tisu basah yang memiliki kandungan alkohol hanya berfungsi membersihkan area pada kulit yang rentan terkontaminasi.
  10. Vitamin D efektif dalam mencegah infeksi virus corona. FAKTANYA pakar kesehatan Thailand Dr. Thiravat Hemachudha mengatakan bahwa vitamin D tidak melindungi manusia dari virus Corona atau infeksi virus lainnya. Selain itu, tidak ada penelitian langsung tentang bagaimana vitamin D bertindak terhadap infeksi virus Corona.
  11. Virus corona menular lewat gigitan nyamuk. FAKTANYA, informasi tersebut adalah salah. World Health Organization Western Pacific melalui akun resminya menegaskan bahwa virus corona tidak dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk. Disebutkan pula bahwa secara umum virus corona menyebar melalui cairan dari seseorang yang terinfeksi seperti saat mereka batuk atau bersin.
  12. Kokain ampuh hancurkan virus corona. FAKTANYA sampai saat ini belum ada obat bagi virus Corona. Jika benar ada obat untuk virus Corona, tentunya bukan dari narkotika stimulan seperti kokain.
  13. Kumur air garam dapat mencegah pneumonia wuhan. Dilansir dari Liputan6.com yang menanyakan langsung kebenaran kabar itu kepada Pulmonologist dari RS EMC, Desilia Atikawati, Menurut Desi meskipun kumur air garam mempunyai efek sebagai antiseptik di saluran nafas atas, kumur air garam tidak dapat menyembuhkan ataupun mencegah Pneumonia Wuhan. Menurutnya, tidak ada rekomendasi kumur air garam dapat mencegah Pneumonia dari Organisasi Kesehatan Dunia maupun Kementerian Kesehatan. Ia merekomendasikan untuk memakai masker, mencuci tangan, punya etika batuk yang baik dan menghindari perjalanan ke China.
  14. Dettol antiseptic bisa membunuh virus corona. FAKTANYA , para ilmuwan menegaskan tidak ada bukti kalau produk antiseptik tersebut dapat membunuh virus Corona baru di Wuhan, yang memiliki nama resmi novel coronavirus (2019-nCoV). Paul Hunter, Profesor Health Protection and Medicine, menjelaskan bahan aktif antiseptik ini adalah kloroksilenol yang digunakan sebagai disinfektan secara luas. Penggunaannya adalah sebagai disinfektan pada kulit dan luka. Ia juga meyakini, produk ini tidak diuji untuk mengatasi virus Corona baru di Wuhan. Dikutip dari laman suara.com, produsen Dettol RB pun telah mengklarifikasi, pihaknya tidak pernah mengeluarkan pernyataan Dettol Antiseptik mampu menangkal 2019 n-CoV.
  15. Penyembuhan virus corona dengan bawang putih. FAKTANYA menurut Ahli vaksin dari OMNI Hospitals Pulomas, dr Dirga Sakti Rambe, SpPD mengatakan klaim bawang putih dapat menyembuhkan virus corona bisa dipastikan tidak benar alias hoaks. Menurutnya hingga saat ini belum ada obat atau vaksin yang
    teruji bisa menghalau virus. Ditegaskan juga oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan dr. Wiendra Waworuntu bahwa belum ada vaksin maupun obat untuk virus corona strain baru ini.
  16. Kurma harus dicuci bersih karena mengandung virus corona yang berasal dari kelelewar. FAKTANYA menurut pakar kesehatan,dr. Eko Budidharmaja kabar tersebut tidak benar, sebab mencuci kurma sebelum dikonsumsi tidak akan mampu mensterilkan virus. selain itu dr. Eko menyebut coronavirus cenderung ditularkan melalui udara, khususnya dari orang-orang yang sudah terinfeksi virus ini melalui bersin dan batuk. Sehingga tidak benar bila disebarkan oleh kelelawar.
  17. Dan masih banyak isu hoax terkait virus corona yang lain beserta bantahan dari para ahlinya.

(وَإِذَا جَاءَهُمْ أَمْرٌ مِنَ الْأَمْنِ أَوِ الْخَوْفِ أَذَاعُوا بِهِ ۖ وَلَوْ رَدُّوهُ إِلَى الرَّسُولِ وَإِلَىٰ أُولِي الْأَمْرِ مِنْهُمْ لَعَلِمَهُ الَّذِينَ يَسْتَنْبِطُونَهُ مِنْهُمْ ۗ ) [سورة النساء : 83]

 

” Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri).” [Qs. An-Nisaa: 83]

«إِذَا وُسِدَ الأَمْرُ إلى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرِ السَّاعَةَ»

“Apabila suatu perkara diserahkan kepada yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancurannya”.

Demikian pembahasan tentang Laporan isu hoax kominfo terkait virus corona yang dapat kami persembahkan semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya.


Terima kasih telah berkunjung dan mendownload.


  • Version
  • Download 4
  • File Size 21.5 MB
  • File Count 1
  • Create Date 14 April 2020
  • Last Updated 14 April 2020
FileAction
[kominfo] laporan isu hoaks covid-19.pdfDownload 
Kumpulan 242 Hoax Terkait Virus Corona Yang Terlanjur Diyakini
Kumpulan 242 Hoax Terkait Virus Corona Yang Terlanjur Diyakini 1

Di buku ini akan anda temukan kumpulan bantahan kominfo terkait hoax tentang virus corona yang terlanjur beredar dan diyakini masyarakat. Ada sekitar 242 isu hoax, update 17 maret 2020. Hoax adalah berita bohong yang disebarkan oleh orang yang ingin mengambil keuntungan dari suatu momen tertentu tak terkecuali momen merebaknya virus corona pada saat ini. Entah apa yang ada di pikiran mereka, bisa jadi berita bohong tersebut membahayakan dan meresahkan masyarakat, parahnya kebanyakan masyarakat tidak sadar, tidak mau kroscek dan begitu saja ikut menyebarkan hoak lewat pesan berantai group whatsapp dan media sosial.

URL: https://www.kominfo.go.id/

Penulis: kominfo

Edisi Buku:

Nama : Isu hoax corona virus
Penulis : kominfo
Tanggal Diterbitkan : 03/17/2020
Format : EBook

Peringkat Editor:
5
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja

Tinggalkan balasan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

18 − four =