3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Download Kajian Tauhid ke 11 “Takut Terhadap Syirik”

0 182
Icon

Dalam Kategori :
download kajian tauhid takut terhadap syirik

Pada posting kali ini saya akan melanjutkan topik Download kajian tauhid  yang disampaikan oleh Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray memasuki bab ke empat dari pembahasan kitab tauhid bab takut berbuat syirik, maksudnya bab ini akan menjelaskan kewajiban terjerumus dalam dosa syirik. Jangankan dosa syirik bahkan kita tidak boleh meremehkan dosa kecil sekalipun.

Dalil Takut Terhadap Syirik

Dalam bab ini ada 5 dalil yang menjelaskan takut terhadap syirik, dua dari alquran dan tiga dari hadist.

Dalil Pertama

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya. (QS.An-Nisa' 48 dan 116) (tafsir Qs.An-Nisa 48 dan 116)

Faidah Pertama

Ayat ini disebutkan dua kali dalam surat an-nisa dengan lafadz yang sama yaitu di ayat 48 dan 116, ayat ini menunjukkan Allah azza wa jalla sangat murka dengan dosa kesyirikan melebihi dosa- dosa yang lain yang di anggap keji sekalipun misalkan membunuh, berzina. Allah azza wa jalla masih mungkin mengampuni dosa-dosa selain kesyirikan sampai - sampai Allah tidak berkenan mengampuninya kalau saja dia mati sebelum bertaubat.

Faidah Kedua

Faidah kedua yang bisa kita ambil dari ayat di atas adalah Allah bisa saja mengampuni dosa - dosa selain kesyirikan bagi siapa saja yang Allah kehendaki, seorang mukmin sebesar apapun dosa selain kesyirikan yang dia lakukan bisa saja allah ampuni dan tidak bisa kita katakan kafir sebesar apapun dosanya, ayat ini sebagai bantahan bagi golongan khowarij, mu'tazilah dan murji'ah.

Bukti Seseorang Takut Terhadap Dosa Syirik

bukti seseorang takut terjerumus dalam dosa syirik adalah dia mempelajari ilmu tauhid, karena dengan mempelajari ilmu tauhid akan dipelajari hak hak allah yang tidak boleh kita serahkan pada selain-Nya.

Dalil Kedua

Dalil yang kedua adalah doa nabi ibrahim yang di abadikan Allah azza wa jalla di dalam surat ibrahim ayat 35

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الْأَصْنَامَ

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala. (QS.Ibrahim 35)

Faidah ayat

Ayat ini menunjukkan betapa nabi ibrahim, seorang nabi yang mempunyai derajat khalilullah sangat takut terjerumus dalam dosa syirik, apalagi kita. Oleh karena itu sangat sombong orang yang tidak khawatir terjerumus dalam dosa syirik

Streaming / Download Kajian Tauhid ke 11 "Takut Terhadap Syirik"

Untuk lebih jelasnya berikut adalah rekaman kajian dapa sobat putar tanpa mendownloadnya, untuk mendownload file mp3 bisa melalui link diatas yang sudah saya sediakan.

Demikian pembahasan tentang Download Kajian Tauhid ke 11 "Takut Terhadap Syirik" yang dapat kami sebutkan. Semoga apa yang kami tulis menjadi penerus dakwah rosul, yaitu dakwah tauhid, semoga menjadi amal shalih dan ilmu yang bermanfaat bagi penulisnya maupun pembaca semuanya.


Terima kasih telah berkunjung dan mendownload.


  • Version
  • Download 2
  • File Size 9 MB
  • File Count 1
  • Create Date 14 Mei 2020
  • Last Updated 14 Mei 2020
FileAction
011 Kewajiban Mewaspadai Dosa Syirik.mp3 Download 
Download Kajian Tauhid ke 11 "Takut Terhadap Syirik"
Download Kajian Tauhid ke 11 "Takut Terhadap Syirik" 1

Pada posting kali ini saya akan melanjutkan topik Download kajian tauhid  yang disampaikan oleh Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray memasuki bab ke empat dari pembahasan kitab tauhid bab takut berbuat syirik, maksudnya bab ini akan menjelaskan kewajiban terjerumus dalam dosa syirik. Jangankan dosa syirik bahkan kita tidak boleh meremehkan dosa kecil sekalipun.

Penyedia Kursus: Organization

Nama Penyedia Kursus: Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray

URL Penyedia Kursus: https://sofyanruray.info

Peringkat Editor:
4
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja

Tinggalkan balasan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

eleven + fourteen =