3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Hishnul Muslim – Doa dan Dzikir Shahih Harian Menurut Alqur’an dan Sunnah

0 455
Hishnul Muslim - Doa dan Dzikir Shahih Harian Menurut Alqur
  • Version
  • Download 1
  • File Size 1,2 MB
  • File Count 1
  • Create Date 13 Januari 2020
  • Last Updated 13 Januari 2020

Doa dan dzikir adalah ibadah yang agung. Dzikir menjaga hati kita tetap ingat kepada Allah subhanahu wata'ala. Kita diperintahkan untuk selalu berdzikir kepada Allah, tetapi berdzikir dan berdo'a pun tidak bisa sembarangan, Rosul telah memberi contoh kita bagaimana cara cara berdzikir dan berdo'a dalam berbagai keadaan dan situasi. Di ebook ini adalah kumpulan doa dan dzikir shahih harian menurut alqur'an dan sunnah. Melengkapi ebook yang lalu yaitu : kumpulan doa dan dzikir nabawi , kumpulan doa dan dzikir dalam alquran dan sunnah, dan e book kumpulan doa khusus wanita.

Pengertian Doa dan  Dzikir

Pengertian Do’a

Secara bahasa, Doa adalah seruan atau dengan kata lain artinya yakni memanggil, atau mengucap . Jika menurut istilah “Doa” yakni merupakan suatu permohonan atau permintaan serta ucapan yang di tujukan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagai tuhan alam semesta, adapun doa yang biasanya di lakukan oleh manusia adalah Doa memohon Ampun, Berdoa keselamatan hidup, Doa meminta pertolongan, Doa meminta rezeki yang halal dan bersyukur atas nikmat yang telah di berikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Selain itu, Doa juga merupakan permohonan / permintaan yang bersifat baik kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, adapun doa yang biasanya manusia ucapkan seperti meminta kesehatan, keselamatan, rezeki yang halal dan tabah dalam menjalani kehidupan dan lainnya.

source: https://materibelajar.co.id/pengertian-doa-menurut-agama-islam/

Mungkin sedikit yang mengetahui bahwa semua jenis ibadah yang kita lakukan, baik shalat, zakat, puasa ataupun haji, semuanya juga tercakup dalam pengertian “doa”.

Simak selengkapnya disini. Klik https://muslim.or.id/

Pengertian Dzikir

Dzikir berasal dari kalimat ذكر، يذكر، ذكرا yang artinya mengingat sesuatu atau menyebut setelah lupa atau berdoa kepada Allah. Dzikir juga bermakna mengingat sesuatu atau menghafalkan sesuatu. Juga dapat dimaksudkan dengan sesuatu yang disebut dengan lidah atau suatu yang baik.

(Lihat al-Qamus oleh Fairuz Abadi, Lisanul Arab, dan Mu’jam al-Wasit)

Ar-Raghiib Al-Asfahaaniy menjelaskan makna Adz-Dzikir dalam kitabnya Al-Mufradaat sebagai berikut:

“Adz-Dzikr, kadangkala yang dimaksudkan adalah satu keadaan yang terjadi pada diri seseorang yang dengannya ia bisa tenang dan merasa puas untuk menghapal suatu pengetahuan. Istilah dzikir sama halnya dengan menghapal, hanya saja bedanya dalam menghapal mengandung makna menyimpan, sedangkan dzikir mengandung makna mengingat. Dan terkadang dzikir bermakna mendatangkan sesuatu, baik berupa perkataan maupun perbuatan. Oleh karenanya, dzikir bisa berarti mengingat dari kelupaan, dan dzikir (mengingat) itu tidak hanya disebabkan karena lupa, tapi justru karena ingat maka berdzikir”

(Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah, 21/220 dan Al-Futuuhaat Ar-Rabbaniyyah, 1/18)

Source: https://abuzuhriy.wordpress.com/2009/06/28/definisi-dzikir/

KEUTAMAAN BERDZIKIR

Allah Ta'ala berfirman:

“Karena itu, ingatlah kamu kepadaKu, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu (dengan memberikan rahmat dan pengampunan). Dan bersyukurlah kepadaKu, serta jangan ingkar (pada nikmat-Ku)”. (Al- Baqarah, 2:152).

“Hai, orang-orang yang beriman, ber-dzikirlah yang banyak kepada Allôh (dengan menyebut namaNya)”. (Al-Ahzaab, 33:42).

“Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allôh, maka Allôh menyediakan untuk mereka pengampunan dan pahala yang agung”. (Al-Ahzaab, 33:35).

“Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalâm hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut (pada siksaanNya), serta tidak mengeraskan suara, di pagi dan sore hari. Dan janganlah kamu terma-suk orang-orang yang lalai”. (Al- A’raaf, 7:205).

Preview ebook Hishnul Muslim - Doa dan Dzikir Shahih Harian Menurut Alqur'an dan Sunnah

Ini adalah preview 13 halaman awal dari 153 halaman ebook, silahkan anda download dari tombol download gratis yang sudah saya sediakan. Untuk membacanya di android bisa menggunakan 3 aplikasi pembaca ebook android bagi sobat yang memakai linux bisa memakai 6 aplikasi pembaca ebook terbaik untuk linux

Ini adalah sebagai upaya andil saya dalam meneruskan dakwah para rosul.


Semoga bermanfaat.

File
HISHNUL MUSLIM - Doa dan Dzikir Shahih Harian Menurut Alqur'an dan Sunnah.pdf
Hishnul Muslim - Doa dan Dzikir Shahih Harian Menurut Alqur'an dan Sunnah
Hishnul Muslim - Doa dan Dzikir Shahih Harian Menurut Alqur'an dan Sunnah 1

Doa dan dzikir adalah ibadah yang agung. Dzikir menjaga hati kita tetap ingat kepada Allah subhanahu wata'ala. Kita diperintahkan untuk selalu berdzikir kepada Allah, tetapi berdzikir dan berdo'a pun tidak bisa sembarangan, Rosul telah memberi contoh kita bagaimana cara cara berdzikir dan berdo'a dalam berbagai keadaan dan situasi. Di ebook ini adalah kumpulan doa dan dzikir shahih harian menurut alqur'an dan sunnah.

Penulis: Syaikh Sa'id bin Ali al-Qohthoni

Edisi Buku:

Nama : Hishnul Muslim - Doa dan Dzikir Shahih Menurut Alqur'an dan Sunnah
Penulis : Syaikh Sa'id bin Ali al-Qohthoni
Format : EBook

Peringkat Editor:
4
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja

Tinggalkan balasan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

17 + 8 =