3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

3 Ebook Mengenal Coronavirus Disease (covid-19)

0 475
3 Ebook Mengenal Coronavirus Disease (covid-19)
  • Version
  • Download 67
  • File Size 13.7 MB
  • File Count 3
  • Create Date 4 April 2020
  • Last Updated 11 April 2020
3 Ebook Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (covid-19)

Seperti kita ketahui pada awal tahun 2020, COVID-19 menjadi masalah kesehatan dunia. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan ebook bukan hanya satu akan tetapi tiga buah ebook agar anda semakin paham tentang pedoman pencegahan dan pengendalian coronavirus.

Ebook pertama PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONAVIRUS DISESASE (COVID-19) yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).

Ebook kedua adalah MERS coronavirus Editor Rahul Vijay, Department of Microbiology and Immunology, University of Iowa, Iowa City, IA, USA.

Ebook ketiga adalah Molecular Biology of the SARS-Coronavirus Editor: Dr. Sunil K. Lal. Virology Group, ICGEB, P. O. Box 10504, Aruna Asaf Ali Road, New Delhi 110067, India. Dua buku terakhir dalam bahasa inggris.

Ketiga ebook ini tidak saya lock dengan email agar memudahkan pembaca untuk direct download tanpa iklan.

Awal mula corona virus

Pada awal tahun 2020, COVID-19 menjadi masalah kesehatan dunia. Kasus ini diawali dengan informasi dari Badan Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO) pada tanggal 31 Desember 2019 yang menyebutkan adanya kasus kluster pneumonia dengan etiologi yang tidak jelas di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Kasus ini terus berkembang hingga adanya laporan kematian dan terjadi importasi di luar China. Pada tanggal 30 Januari 2020, WHO menetapkan COVID-19 sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)/ Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Yang Meresahkan Dunia (KKMMD). ( https://en.wikipedia.org/wiki/2019–20_coronavirus_pandemic )

Pada tanggal 12 Februari 2020, WHO resmi menetapkan penyakit novel coronavirus pada manusia ini dengan sebutan Coronavirus Disease (COVID- 19). Pada tanggal 2 Maret 2020 Indonesia telah melaporkan 2 kasus konfirmasi COVID-19. Pada tanggal 11 Maret 2020, WHO sudah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi. ( https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_koronavirus_di_Indonesia )

Sekilas isi Ebook Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease
(COVID-19)

Pedoman ini merupakan revisi dari pedoman serupa yang diterbitkan pada 16 Maret 2020 dengan perubahan pada beberapa substansi sesuai perkembangan situasi dan pengetahuan. Pada pedoman ini dijelaskan mengenai:

  1. Surveilans dan Respon
  2. Manajemen Klinis
  3. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi
  4. Pengelolaan Spesimen dan Konfirmasi Laboratorium
  5. Komunikasi Risiko dan Pemberdayaan Masyarakat

Pedoman ini ditujukan bagi petugas kesehatan sebagai acuan dalam melakukan kesiapsiagaan menghadapi COVID-19. Pedoman ini bersifat sementara dan akan diperbarui sesuai dengan perkembangan penyakit dan situasi terkini.

Mengenal Coronavirus

Coronavirus adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Ada setidaknya dua jenis coronavirus yang diketahui menyebabkan penyakit yang dapat menimbulkan gejala berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus penyebab COVID-19 ini dinamakan Sars-CoV-2. Virus corona adalah zoonosis (ditularkan antara hewan dan manusia). Penelitian menyebutkan bahwa SARS ditransmisikan dari kucing luwak (civet cats) ke manusia dan MERS dari unta ke manusia. Adapun, hewan yang menjadi sumber penularan COVID-19 ini masih belum diketahui.

Tanda Umum Covid-19

Tanda dan gejala umum infeksi COVID-19 antara lain gejala gangguan pernapasan akut seperti demam, batuk dan sesak napas. Masa inkubasi rata-rata 5-6 hari dengan masa inkubasi terpanjang 14 hari. Pada kasus COVID-19 yang berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian. Tanda-tanda dan gejala klinis yang dilaporkan pada sebagian besar kasus adalah demam, dengan beberapa kasus mengalami kesulitan bernapas, dan hasil rontgen menunjukkan infiltrat pneumonia luas di kedua paru.

Pada 31 Desember 2019, WHO China Country Office melaporkan kasus pneumonia yang tidak diketahui etiologinya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Pada tanggal 7 Januari 2020, Cina mengidentifikasi pneumonia yang tidak diketahui etiologinya tersebut sebagai jenis baru coronavirus (coronavirus disease, COVID-19).

Pada tanggal 30 Januari 2020 WHO telah menetapkan sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Yang Meresahkan Dunia/ Public Health Emergency of International Concern (KKMMD/PHEIC). Penambahan jumlah kasus COVID-19 berlangsung cukup cepat dan sudah terjadi penyebaran antar negara.

Sampai dengan hari ini tanggal 4 April 2020, menurut worldometers dilaporkan total kasus konfirmasi 1,095,208 dengan 58,795 kematian dan sembuh 228,171 dari seluruh dunia. Dimana kasus dilaporkan di 192 negara/wilayah. Diantara kasus tersebut, sudah ada beberapa petugas kesehatan yang dilaporkan terinfeksi.

Pada tanggal 2 Maret 2020, Indonesia melaporkan kasus konfirmasi COVID-19 sebanyak 2 kasus. Sampai dengan hari ini tanggal 4 April 2020, Indonesia sudah melaporkan 1.986 kasus konfirmasi COVID-19 kematian 181 dan sembuh 131 dari 24 Provinsi yaitu: Bali, Banten, DIY, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kep. Riau, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Lampung, Riau, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Wilayah dengan transmisi lokal di Indonesia adalah DKI Jakarta, Banten (Kab. Tangerang, Kota Tangerang), Jawa Barat (Kota Bandung, Kab. Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kab. Bogor, Kab. Bogor, Kab. Karawang), Jawa Timur (kab. Malang, Kab. Magetan dan Kota Surabaya) dan Jawa Tengah (Kota Surakarta).

Penularan covid-19

Berdasarkan bukti ilmiah, COVID-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui percikan batuk/bersin (droplet), tidak melalui udara. Orang yang paling berisiko tertular penyakit ini adalah orang yang kontak erat dengan pasien COVID-19 termasuk yang merawat pasien COVID-19.

Pencegahan Penularan covid-19

Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi adalah melalui cuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air bersih, menerapkan etika batuk dan bersin, menghindari kontak secara langsung dengan ternak dan hewan liar serta menghindari kontak dekat dengan siapapun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin. Selain itu, menerapkan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) saat berada di fasilitas kesehatan terutama unit gawat darurat.

Preview Ebook Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (covid-19)

Ini adalah preview 50 halaman awal dari 136 halaman ebook, silahkan anda download dari tombol download gratis yang sudah saya sediakan. Untuk membacanya di android bisa menggunakan 3 aplikasi pembaca ebook android bagi sobat yang memakai linux bisa memakai 6 aplikasi pembaca ebook terbaik untuk linux

Pedoman Pencegahan dan pengendalian coronavirus disease

Mers Coronavirus

Ini adalah preview 50 dari 226 halaman ebook

Molecular Biology of the SARS-Coronavirus

Ini adalah preview 50 halaman dari 330 halaman lengkap ebook

Demikian pembahasan tentang coronavirus. Semoga kita makin mengenal virus yang sekarang menjadi pandemi dan menjadikannya ilmu agar kita terhindar dari virus mematikan tersebut. Dijaga kesehatan kita dan keluarga kita Semoga menjadi amal shalih dan ilmu yang bermanfaat bagi penulisnya maupun pembaca semuanya.


Terima kasih telah berkunjung dan mendownload.


FileAction
PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONAVIRUS.pdfDownload 
Molecular Biology of the SARS-Coronavirus.pdfDownload 
mers coronavirus.pdfDownload 
3 Ebook Mengenal Coronavirus Disease (covid-19) | Kangsoel Blog

3 Ebook Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (covid-19), agar mengenal corona virus lebih dekat, asal usulnya dan hubungannya dengan coronavirus mers dan sars. Seperti kita ketahui pada awal tahun 2020, COVID-19 menjadi masalah kesehatan dunia. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan ebook bukan hanya satu akan tetapi tiga buah ebook agar anda semakin paham tentang pedoman pencegahan dan pengendalian corona virus. Pertama PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONAVIRUS DISESASE (COVID-19) yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). Ebook kedua adalah MERS coronavirus Editor Rahul Vijay, Department of Microbiology and Immunology, University of Iowa, Iowa City, IA, USA. Ebook ketiga adalah Molecular Biology of the SARS-Coronavirus Editor: Dr. Sunil K. Lal. Virology Group, ICGEB, P. O. Box 10504, Aruna Asaf Ali Road, New Delhi 110067, India. Dua buku terakhir dalam bahasa inggris. Ketiga ebook ini tidak saya lock dengan email agar memudahkan pembaca untuk direct download tanpa iklan.

URL: http://infeksiemerging.kemkes.go.id

Nama: Molecular Biology of the SARS-Coronavirus

Penulis: Array

ISBN: 978-3-642-03683-5

Format: https://schema.org/EBook

Nama: MERS Coronavirus

Url: https://doi.org/

Penulis: Array

ISBN: ISBN 978-1-0716-0211-9

Format: https://schema.org/EBook

Nama: PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONAVIRUS DISESASE (COVID-19)

Penulis: Array

Tanggal Diterbitkan: 2020-09-27 22:38

Format: https://schema.org/EBook

Peringkat Editor:
5
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja
Loading...