5 Distro Linux Ringan

Indahnya Berbagi:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Apakah sobat masih memiliki komputer lama? Apakah sobat menyimpan komputer lama di suatu tempat di rak atau di gudang? Jadi ini saatnya untuk mengambilnya dan mulai menggunakannya. Dalam artikel ini saya akan memandu sobat melalui daftar 5 distro Linux Ringan yang dapat Anda pasang dan gunakan pada komputer lama.

Kelima distro Linux 5 ini hanya membutuhkan sedikit sumber daya sehingga dapat dijalankan pada desktop lama atau laptop. Ok tanpa banyak basa – basi lagi, yuk kita simak.

Daftar 5 distro Linux ringan ini tidak hanya ditujukan untuk komputer lama tetapi sobat dapat menggunakannya di komputer yang lebih baru. Sekarang mengapa sobat ingin menggunakan distro Linux ringan pada perangkat keras yang lebih baru? Alasan Anda mungkin tidak menginginkan banyak paket atau aplikasi. Dalam distro Linux utama lainnya seperti Ubuntu atau Fedora ada banyak paket bawaan yang sudah diinstal sehingga Anda dapat menggunakannya untuk memenuhi dependensi aplikasi lain. Meskipun itu tidak apa – apa, akan tetapi tidak berguna bagi pengguna yang hanya membutuhkan beberapa aplikasi di komputer mereka. Jadi untuk penggunaan seperti Linux ringan ini akan sangat bagus pada perangkat keras yang lebih baru juga. Jadi mari kita mulai dengan nomor 5 di daftar kami.


5. Linux Lite

Linux ringan kelima untuk komputer lama adalah Linux Lite . Distro ini berbasis Ubuntu LTS, distro yang ringan dan mudah digunakan. Jika Anda baru mengenal Linux dan ingin menginstal Linux pada perangkat keras lama Anda, Linux Lite adalah pilihan yang baik untuk Anda. Linux Lite menggunakan lingkungan desktop XFCE yang ringan dan mudah digunakan. Bahkan saya saat artikel ini di tulis masih menggunakan Linux Lite di komputer saya, karena saya punya cuma itu saja pentium 4 (2,8 Ghz, RAM 1 Gb ) dan alhamdulillah masih wuzz tp mentok di versi 14.04 “trusty tahr” karena kartu grafis saya nvdia geforce fx5500 sudah tidak di dukung di versi linux lite terbaru, driver propietary nya cuma sampai ubuntu 14.04 ,linux lite di instal di perangkat lama saja lancar apalagi jika di install di perangkat yang lebih baru pasti lebih ngebut.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

SPESIFIKASI MINIMUM YANG DIREKOMENDASIKAN :

  • CPU : 700MHz
  • RAM 512MB
  • HARD DISK 8GB
  • RESOLUTION : VGA 1024×768
  • DVD drive atau port USB untuk citra ISO.

Linux Lite berada di # 5 dalam daftar ini karena saya menyortir daftar ini dalam urutan yang lebih ringan. Linux Lite sudah hadir dengan begitu banyak paket yang diinstal sehingga paling ringan dalam daftar ini tapi ini ringan jika Anda membandingkan dengan Ubuntu atau Fedora atau distribusi Linux utama lainnya.

4. Lubuntu

Mungkin sobat pernah mendengar tentang distro Linux berbasis Ubuntu,Lubuntu . Ada banyak hal yang membuat Lubuntu kecil, lebih cepat dan stabil. Yang pertama adalah lingkungan desktop yang dimiliki Lubuntu adalah LXDE.

LXDE dirancang khusus untuk spesifikasi perangkat keras rendah / mesin yang lebih tua dan dikenal karena kinerjanya yang sangat cepat. Lubuntu juga memiliki lebih sedikit paket yang diinstal yang membuatnya lebih ringan dan lebih cepat daripada distribusi Linux berbasis Ubuntu lainnya. Tapi Lubuntu tidak hanya digunakan pada perangkat keras dengan spesifikasi yang lebih tua atau lebih rendah tetapi juga dapat digunakan pada komputer modern. Versi Lubuntu Terbaru saat artikel ini di tulis adalah lubuntu 17.10 Artful Aardvark.

SPESIFIKASI MINIMUM YANG DIREKOMENDASIKAN :

  • CPU : Pentium II atau Celeron CPU dengan dukungan PAE
  • RAM : 128MB
  • Hard Drive : 2GB

3. Bodhi linux

Bodhi Linux adalah distro Linux ringan lain yang berbasis Ubuntu. Bodhi linux dirancang untuk memberikan pengalaman komputasi yang lebih cepat tanpa memuatnya dengan banyak aplikasi. Bodhi linux hanya hadir dengan aplikasi yang diperlukan untuk hampir semua orang seperti, manajer file, browser Internet, editor teks dan terminal dll. Setiap aplikasi yang diperlukan dapat diinstal menggunakan AppCenter atau manajer paket Apt. Bodhi Linux menggunakan Enlightenment sebagai lingkungan desktop default. Enlightenment dikenal karena antarmukanya yang sangat sederhana. Bodhi Linux dirilis dalam model LTS (Long Term Support) sehingga Anda dapat tetap menggunakan satu versi selama 5 tahun.

SPESIFIKASI MINIMUM YANG DIREKOMENDASIKAN :

  • CPU : 500 mhz
  • RAM : 128 MB
  • HARD DRIVE : 4 GB

2. Puppy Linux

Salah satu distro Linux paling ringan adalah Puppy Linux . Puppy linux kecil tetapi powerfull dan dapat digunakan pada komputer baru juga. File ISO Puppy Linux terbaru berukuran antara 200 hingga 300 MB. Muncul dengan inti OS dan dengan beberapa aplikasi yang diperlukan seperti, Firefox browser Internet, Inkscape, VLC media player dll. Bagian terbaik dari Puppy Linux adalah ia dimuat ke dalam RAM sehingga aplikasi dimulai dengan sangat cepat dari RAM. Anda dapat menggunakan Flash disk atau sobat burn ke CD untuk boot ke Live session dan semua aplikasi akan dimuat ke RAM. Jadi bahkan jika Anda mengeluarkan USB flahdisk atau CD booting media sobat, sistem akan bekerja dengan baik. Puppy Linux menggunakan JWM atau Openbox sebagai lingkungan desktop. DE ini cepat dan ringan, sobat bahkan dapat menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan sobat.

SPESIFIKASI HARDWARE MINIMUM UNTUK PUPPY LINUX 4.2.1

  • Prosesor 500MHZ
  • RAM 128 MB
  • Ruang hard drive kosong 512MB untuk membuat file penyimpanan opsional.
  • Tidak diperlukan hard drive untuk boot Live CD.
  • CD-ROM

1. Tiny Core

Pernahkah Anda mendengar tentang Tiny Core ? Tidak!
Saya rasa pantas tiny core menempati urutan pertama distro linux ringan artikel ini. Bahkan sekarang editor teks modern lebih besar dari sistem operasi yang sepenuhnya dapat disesuaikan ini. Hanya berukuran 16MB dengan GUI! Ini super ringan yang dapat Anda instal pada mesin yang sekarat. Tiny Core hadir dengan sangat sedikit paket dan membutuhkan lebih sedikit sumber daya untuk menjalankannya. Tetapi datang dengan beberapa aplikasi tidak berarti Anda tidak dapat menginstal aplikasi lain. Anda tentu dapat menginstal aplikasi favorit Anda jika perlu. Versi terbaru Tiny Core adalah Tiny Core 9.0 dengan Kernel 4.14.10. TinyCore adalah Core + Xvesa.tcz + Xprogs.tcz + aterm.tcz + fltk-1.3.tcz + flwm.tcz + wbar.tcz.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tiny Core tersedia dalam tiga versi, Core, TinyCore dan CorePlus. Core hanya berukuran 11 MB dan hanya memiliki CLI (Command Line Interface). Disarankan untuk pengguna berpengalaman untuk menangani CLI. Yang kedua adalah Core yang berukuran 16 MB dan memiliki inti ditambah ekstensi X / GUI untuk lingkungan desktop grafis FLTK / FLWM yang dinamis. Akhirnya yang ketiga adalah CorePlus yang berukuran 116 MB dan itu adalah image instalasi. Muncul dengan inti dan alat untuk mengatur sistem. Disarankan untuk pengguna baru.

Apa Distro Linux Ringan Favorit Anda? Ini adalah lima distro Linux ringan yang dapat diinstal pada desktop lama atau laptop. Jika favorit Anda selain dari lima ini, maka silahkan ditambahkan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: