Cara Menyembunyikan File di Android

Indahnya Berbagi:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Assalamualaikum,

Terkadang kita mempunyai file foto, video atau file apa saja yang kita tidak ingin file tersebut tampil secara otomatis di penampil galeri foto dan video bawaan android kita. Ada banyak aplikasi untuk menyembunyikan file di playstore. Di posting kali ini saya akan memberi sedikit tutorial kecil tentang cara menyembunyikan file di android tanpa aplikasi dan tanpa root.

Android dibangun di atas kernel linux, jadi sebenarnya system operasi android adalah linux juga, makanya gak heran jika cara – cara yang bisa di pakai di OS linux bisa diterapkan di android seperti cara menyembunyikan file di android tanpa aplikasi tanpa root berikut :

Bahan yang diperlukan.

Bahan yang di perlukan cukup simple cukup file manajer yang bisa merename file dan menampilkan file tersembunyi bisa bahkan file manager bawaan pun bisa kalo di postingan tentang aplikasi android wajib instal saya memakai x-plore.

Langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi file manajer andalan anda bisa x-plore atau yang lainnya, manajer file bawaan pun bisa.
  2. Lalu buat folder baru dengan nama terserah anda yang penting adalah beri awalan (.) misalkan namanya hidden tulis (.hidden) bisa di internal atau sdcard tergantung dimana nantinya sobat akan menyimpan file.
  3. Kemudian sobat pindahkan file yang sobat mau sembunyikan ke folder yang baru sobat buat tadi.
Cara Menyembunyikan File di android tanpa aplikasi dan tanpa root

Contoh folder untuk menyimpan file yang akan di sembunyikan

Selesai cuma sesederhana itu.

Demikian semoga bermanfaat.


Catatan:

  • Trik ini cuma untuk menyembunyikan file dari penampil file seperti galeri atau pemutar musik dan video, file tidak terkunci, file masih bisa di lihat dari file Explorer yang di setting untuk menampilkan file tersembunyi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.