3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

3 Cara Menghapus PPA Ubuntu & Distro Turunannya dengan Aman

Cara menghapus ppa repository ubuntu dan distro turunannya dengan aman

0 594

Ubuntu adalah distro populer dengan banyak sekali turunannya. Ubuntu telah dibekali dengan software di repository bawaan. Akan tetapi ubuntu pun bisa di tambah dengan PPA untuk software di luar repository nya. Menambahkan banyak PPA memungkinkan anda untuk menambahkan banyak software ke dalam system, akan tetapi juga memberatkan system terutama pada saat upgrade. Di artikel ini akan saya jelaskan cara menghapus PPA Ubuntu dan distro turunannya dengan aman, baik dengan mouse ( metode GUI) maupun dengan perintah teks di konsol (metode CLI). Walaupun metode CLI adalah cara yang tercepat dan aman, akan tetapi agak menyulitkan bagi sebagian orang.

Apa itu Ubuntu ?

Sebelum membahas lebih jauh saya ingin sedikit bercerita apa itu ubuntu. Ubuntu (ʊˈbʊntu; sering diketik ubuntu) merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasis Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas.

Ubuntu ditawarkan dalam tiga edisi resmi: Ubuntu Desktop untuk komputer pribadi, Ubuntu Server untuk server dan komputasi awan, dan Ubuntu Core untuk “Internet of thing’s”  , perangkat kecil dan robot. Versi baru Ubuntu dengan dukungan standar dirilis tujuh bulan sekali, sementara untuk versi dukungan jangka-panjang (LTS) dirilis dua tahun sekali. Rilis terbaru Ubuntu dengan dukungan standar adalah 19.10 (Eoan Ermine) sementara untuk versi LTS adalah 18.04 (Bionic Beaver), yang mendapat tambahan jangka waktu dukungan hingga 10 tahun, tidak seperti versi LTS lain yang mendapat dukungan hingga lima tahun saja.

Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama” Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Sejarah singkat

Ubuntu adalah salah satu proyek andalan Debian. Sasaran awal Ubuntu adalah menciptakan sistem operasi desktop Linux yang mudah dipakai. Ubuntu dijadwalkan dirilis setiap 6 bulan sehingga sistem Ubuntu dapat terus diperbarui.

Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Semenjak itu, Canonical telah merilis versi Ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali. Setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan (bug). Setiap 2 tahun sekali (versi xx.04 dengan x angka genap) akan mendapatkan Long Term Support(LTS) selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server. Namun Ubuntu 12.04 yang dirilis pada April 2012 mendapatkan pembaruan sistem selama 5 tahun. Perpanjangan dukungan ini bertujuan untuk mengakomodasi bisnis dan pengguna IT yang bekerja pada siklus panjang dan pertimbangan biaya yang mahal untuk memperbarui sistem.

Paket-paket software Ubuntu berasal dari paket tidak stabil Debian; Ubuntu memakai format paket dan manajemen paket Debian (APT dan Synaptic). Paket Debian dan Ubuntu seringkali tidak cocok. Paket Debian sering kali perlu dibuat ulang dari source agar dapat dipakai di Ubuntu, begitu juga sebaliknya. Ubuntu bekerja sama dengan Debian untuk berusaha agar perubahan-perubahan sistem Ubuntu mengarah kembali ke Debian, tetapi hal ini hampir tak terlaksana.

Ubuntu sekarang dibiayai oleh Canonical Ltd. Pada 8 Juli 2005 Mark Shuttleworth mendirikan pendirian Ubuntu Foundation dan memberikan pendanaan awal sebesar US$10 juta. Tujuan dari pendirian yayasan ini adalah untuk memastikan pengembangan dan dukungan semua versi Ubuntu dapat terus berjalan.

  • Pada 31 Oktober 2011, Mark Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 14.04 akan mendukung smartphone, tablet, dan smart TV. Dan desain-desainnya pun sudah mulai dirancang.
  • Antarmuka GNOME kembali menjadi GUI default sejak versi 17.10 dirilis, menggunakan GNOME versi 3, sementara Unity masih menjadi GUI default pada versi sebelumya, termasuk semua versi LTS kecuali 18.04 LTS.
  • Dukungan untuk 32-bit mulai dihentikan mulai versi 18.10.

Apa itu PPA ?

PPA (Personal Package Archive) atau Paket Arsip Pribadi, adalah repositori perangkat lunak untuk mengunggah paket sumber untuk dikemas menjadi APT oleh Launchpad. Walaupun PPA hanya digunakan dalam lingkup Ubuntu, pihak Canonical selaku pemilik Launchpad mengadopsinya ke luar komunitas Ubuntu.

Cara menghapus PPA Ubuntu

Seperti anda juga, saya menambahkan beberapa PPA ke Linux mint saya, yang masih turunan dari ubuntu (lebih tepatnya daftar sumber perangkat lunak Ubuntu) sehingga saya dapat menginstal versi terbaru aplikasi, driver, dan perangkat lunak lain yang saya inginkan yang tidak tersedia melalui arsip Ubuntu biasa (Pengelola perangkat lunak).

Kenapa perlu menghapus PPA

  1. Tidak semua PPA cocok, beberapa PPA berisi banyak sekali perangkat lunak, driver dan paket, dan tidak semuanya stabil.
  2. Singkatnya, PPA cepat, efisien dan … bukan berarti tanpa masalah. Tapi masalah terbesar adalah tidak semua PPA cocok.
  3. Sebagian besar PPA khusus untuk perangkat lunak tertentu. Dengan kata lain mereka fokus membangun dan mengemas satu aplikasi atau alat (dan segala dependensi terkait yang dibutuhkan) untuk satu set rilis Ubuntu tertentu. Tahukah anda, bahwa ketika kita menambahkan PPA tertentu berarti itu hanya akan mempengaruhi satu set perangkat lunak khusus pada sistem anda.

Namun waspadalah terhadap kitchen sink PPA. Jenis-jenis PPA ini berisi ribuan paket, driver, pustaka, dan dependensi berbeda, semuanya dalam repo yang sama, mungkin tidak semuanya kompatibel, stabil, atau diinginkan. Sangat mudah untuk tanpa sengaja menambahkan kitchen sink PPA ke sistem anda untuk menginstal satu aplikasi, hanya untuk secara tidak sengaja memperbarui separuh OS anda bersamaan dengan itu!

Meskipun anda juga dapat menonaktifkan PPA untuk mencegah pembaruan yang tidak terduga, dan menyematkan paket ke versi tertentu.

Cara menghapus PPA repository dengan metode CLI

Sangat mudah untuk menambahkan PPA ke Ubuntu menggunakan baris perintah. cukup anda menjalankan perintah sudo add-apt-repository ppa: name, masukkan kata sandi root anda, dan selesai. Demikian pula sangat mudah untuk menghapus PPA di Ubuntu dan distro turunannya. Untuk menghapus PPA repositori cukup jalankan perintah berikut di jendela terminal baru (tekan ctrl + alt + t untuk membukanya): sudo add-apt-repository –remove ppa:name/here

anda harus mengganti nama ppa: dengan nama PPA yang benar, dalam sintak’s yang sama.

Sebagai contoh untuk menambah ppa bookworm dari artikel aplikasi pembaca ebook terbaik untuk linux kemarin, agar lebih jelas:

Untuk menambah PPA:
sudo add-apt-repository ppa:bookworm-team/bookworm
Yang juga menarik :
1 daripada 5
Untuk menhapus PPA:
sudo add-apt-repository –remove ppa:bookworm-team/bookworm
cara menghapus ppa ubuntu dengan cli
cara menghapus ppa ubuntu dengan cli

Jika anda tidak tahu nama PPA (mungkin anda lupa sudah lama sejak anda menambahkannya) sobat bisa menggunakan metode menghapus PPA menggunakan aplikasi Software & Updates atau sumber perangkat lunak, alias cara GUI.

Cara Menghapus PPA Metode GUI

Mungkin cukup merepotkan untuk menambahkan PPA ke Ubuntu atau Linux Mint menggunakan GUI, tetapi menghapusnya jauh lebih sederhana.

Di Ubuntu, Ubuntu MATE, atau distro turunan yang lain ikuti langkah-langkah ini, disini saya menggunakan linux mint:

  1. Luncurkan sumber perangkat lunak.
  2. Klik tab “PPA“.
  3. Pilih (centang) PPA yang ingin anda hapus.
  4. Klik “Remove” untuk menghapusnya.
cara menghapus ppa metode gui lewat aplikasi "sumber perangkat lunak"
cara menghapus ppa metode gui lewat aplikasi “sumber perangkat lunak”

Jika anda menggunakan Kubuntu atau KDE Neon, anda harus menuju ke Muon Discover> Sources> Configurations Sources Software untuk mengakses daftar PPA.

  • Perhatikan bahwa setiap PPA yang anda tambahkan akan menambahkan dua baris ke file sources.list.d anda: satu untuk paket installer, dan satu untuk kode sumber. anda harus menghapus kedua entri untuk mengekstrak sepenuhnya PPA dari sistem anda.
  • anda akan diminta untuk mengonfirmasi kata sandi anda setelah menekan remove, dan diminta untuk me-refresh daftar paket sistem setelah itu.

Cara Alternative: Gunakan PPA Purge

Ketika anda menghapus (menghapus) PPA dari sistem anda, maka sebenarnya anda TIDAK menghapus paket yang anda instal atau tingkatkan darinya. Untuk melakukan itu, untuk menghapus semua paket yang terinstal dari PPA, menurunkan versi paket yang telah dipengaruhi, dan menghapus PPA anda dapat menggunakan alat PPA Purge.

Ini adalah alat berbasis CLI saya anggap anda sudah paham cara menginstalnya dari baris perintah:

sudo apt install ppa-purge

Jika PPA Purge telah terinstal anda dapat menjalankannya dengan perintah:

sudo ppa-purge ppa:name/here
Contoh:
sudo ppa-purge ppa:bookworm-team/bookworm
cara menghapus ppa dengan ppa-purge
cara menghapus ppa dengan ppa-purge

Jika anda tidak tahu nama PPA yang ingin anda hapus, sobat bisa lihat di aplikasi “Sumber Perangkat Lunak” terlebih dahulu.

Kesimpulan:

Ada banyak alasan mengapa anda mungkin pelu untuk menghapus PPA dari Ubuntu, Linux Mint dan distro turunannya.

  1. Paket mungkin tidak lagi mendukung versi Ubuntu anda, sehingga muncul kesalahan dan peringatan ketika anda mencoba memperbarui perangkat lunak atau mungkin memiliki kunci GPG yang telah kedaluwarsa, yang juga menghasilkan kesalahan dan peringatan.
  2. Menambahkan banyak PPA ke sistem anda dapat menjadikan proses upgrade system menjadi lebih lambat, karena setiap arsip perlu diperiksa untuk pembaruan dan daftar paket mereka dibandingkan dengan yang ada.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, membantu sobat dalam menghapus PPA dari ubuntu anda.


Terima kasih telah berkunjung.

Sumber wikipedia omgubuntu
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja
Loading...