3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Cara Mengatasi Ubuntu Tidak Bisa Login (Login Loop)

Cara mengatsai ubuntu tidak bisa login, Ubuntu gagal login walaupun user dan pasword benar

4 3.218

Di artikel kali ini saya akan membagikan pengalaman tentang cara mengatasi ubuntu gagal login di ubuntu dan distro – distro turunannya, linux mint, linux lite dan lainnya distro berbasis ubuntu. Jadi kita gagal masuk ke sesi desktop walaupun kita telah memasukkan username beserta paswordnya dengan benar. Ubuntu tidak bisa login, di halaman login setelah kita login, ubuntu akan berkedip sebentar seolah -olah akan masuk sesi desktop, akan tetapi kembali ke halaman login seperti semula, tidak ada tanda – tanda error, pemberitahuan atau yang lain. istilahnya login loop kalo di forum luar.

Awal Mula Cerita

Berawal dari saya update rutin linux mint xfce 19.1 tessa di komputer jadul saya. Karena keterbatasan resource, di tengah update hardisk penuh ditambah ada bad sector membuat kompi frezee, karena lama saya pencet tombol reset. Dan apa yang terjadi….? Komputer jadul stuck di login page tidak bisa masuk sesi desktop. Bagi pemula linux seperti saya panik dong…. Dulu sewaktu saya pakai distro manjaro pernah terjadi, pikir saya karena hardisk penuh jadi saya masuk ke konsol tty (Ctrl+Alt+F1) lalu masuk ke sesi desktop root menggunakan perintah sudo -i startx di konsol tty untuk menjalankan bleachbit atau autoremove (Penjelasan insyallah akan saya tulis lain waktu, sekarang fokus ke topik saja) setelah login kembali ternyata masih gagal login.

Salah satu bug yang paling umum dan paling membuat frustrasi yang dialami oleh pengguna Ubuntu adalah login boot loop. Ketika Anda mencoba login ke Ubuntu, Anda langsung dibawa kembali ke layar login yang sama, dan proses berulang terus menerus.

Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Penyebab paling umum adalah disebabkan oleh perubahan file permission pada file yang diperlukan Ubuntu untuk memulai desktop grafis. Anda dapat mengatasinya dengan masuk ke shell baris perintah dan memperbaiki file permission ini. Ini adalah perbaikan cepat, dan berfungsi dalam banyak kasus.

Cara Mengatasi Ubuntu Tidak Bisa Login

Ternyata setelah saya browsing penyebabnya adalah bukan linux kita yang error, terbukti saya bisa masuk sesi konsol artinya kita hanya gagl masuk Xsession saja. OS Linux berbeda dengan OS windows, linux adalah kernel sedangkan yang kita lihat tampilan (Desktop/ DE) adalah software yang berbeda, bukan satu bundle layaknya windows. Jadi, misalkan DE kita error / crash sekalipun kita masih bisa menginstal DE yang lain lewat konsol. Kita masih bisa mengoperasikan komputer GNU/Linux kita seperti biasa setelah kita menginstal DE dengan antarmuka GUI.

Berikut langkah mengatasi Ubuntu gagal login:

Masuk ke Shell

login screen

Mulai Ubuntu seperti biasa. Biarkan sampai ke layar login. Saat Anda sampai di halaman login, tidak usah login. akan tetapi masuk shell dengan cara tekan  Ctrl + Alt+ F3 pada keyboard anda. Ubuntu akan keluar dari layar login grafis dan masuk ke terminal hitam putih.

ubuntu terminal login
Tampilan tty3 saya ambil dari https://www.maketecheasier.com/
Yang juga menarik :
1 daripada 5

Masukkan username Anda di prompt, lalu berikan kata sandi Anda ketika ditanya. Anda akan tiba di layar terminal yang familier. Anda dapat menavigasi di sini persis seperti yang Anda lakukan di jendela terminal grafis Anda.

Cek File permission Xauthority

Langkah ini hanya untuk memastikan saja sumber dari permasalahan kita yaitu ubuntu tidak bisa login. File yang perlu anda periksa ada di root folder “/ home” . Setelah masuk, seharusnya kita sudah berada di sana. File ini adalah “dot file,” yang tersembunyi, jadi anda harus menggunakan flag yang tepat saat mencari. Dengan menggunakan perintah ls dan grep.

ls -lah | grep -i Xauthority
Xauthority - mengatasi ubuntu tidak bisa login
screenshot saya ambil dari terminal di desktop , kurang lebih sama tampilan dari tty3

Anda akan melihat daftar file dengan keterangan file permission dulu, diikuti dengan nama pengguna dan grup pemiliknya. Jika Anda melihat “root” tercantum di sana, maka anda telah menemukan sumber masalahnya.

Ubah File permission Xauthority

Setelah tahu apa yang menyebabkan masalah, sekarang saatnya untuk memperbaikinya. File Xauthority seharusnya dimiliki oleh anda atau username anda dan group anda bukan root. Anda dapat mengubah kepemilikan dengan menjalankan perintah chown dengan sudo.

sudo chown username:username .Xauthority

Sekarang anda siap mencoba masuk lagi. Tekan  Ctrl + Alt+ F7  untuk kembali ke layar login normal. Silahkan coba login ke Ubuntu!

Dalam kasus saya semua file berubah kepemilikan menjadi root termasuk file .ICEauthority, jadi saya ubah kepemilikan dengan cara di atas, dan saya berhasil login.

Akhir Kata:

Tutorial ini tidak menjamin akan berhasil di ubuntu anda tergantung system dan resource anda. Akan tetapi kebanyakan kasus berhasil. jika masih belum berhasil silahkan tamyakan di kolom komentar, semampu saya akan saya bantu

Terima kasih telah berkunjung. Semoga membantu.

Sumber maketecheasier.com
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja
Loading...