3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Cara Mengatasi Gagal Booting Ubuntu karena Masalah Initframs

Cara Mengatasi Ubuntu gagal booting Drop to initframs

0 764

Di artikel ini saya akan menjelaskan cara mengatasi gagal booting ubuntu karena masalah initframs. Booting gagal dan drop ke initframs biasa terjadi di OS based linux, yang biasa karena gagal update, error hardisk atau ada error di file system root, yang menyebabkan ubuntu gagal booting, anda pusing karena pekerjaan menumpuk. Sebenarnya hal ini mudah di atasi dengan sedikit perintah sederhana. Akan tetapi semua tergantung bagaimana errornya dan keberuntungan tentunya 😀

Sebelum membahas cara mengatasi gagal booting ubuntu karena masalah initframs, sebenarnya bukan masalah initframs nya tetapi sebenarnya yang terjadi initframs bisa di load terbukti ada tampilan drop to initframs (lalu anda browsing cara mengatasi masalah initframs 😆 ), masalah sebenarnya adalah di partisi root mungkin error atau ada bad sector.

Apa itu Initframs ?

Sederhananya, “initramfs” (initial RAM file system) adalah apa yang saya sebut sebagai sistem file root yang bahkan lebih awal yang dapat Anda bangun ke dalam image kernel itu sendiri. Initframs adalah sistem file root pertama yang dapat diakses mesin Anda. Dan karena lokasinya (internal di kernel), initframs akan (jika ada) diutamakan. Initframs digunakan untuk memasang rootf nyata yang memiliki semua data Anda. Initramfs membawa modul yang dibutuhkan untuk memasang rootfs Anda.

Tujuan Initframs

Satu-satunya tujuan initramfs adalah untuk me-mount file sistem root. Initramfs adalah sekumpulan direktori lengkap yang akan Anda temukan pada sistem file root yang normal. Initframs dibundel menjadi arsip cpio tunggal dan dikompres dengan salah satu dari beberapa algoritma kompresi.

Cara Kerja Initframs

Pada saat boot, boot loader memuat kernel dan image initramfs ke dalam memori dan memulai kernel. Kernel memeriksa keberadaan initramfs dan, jika ditemukan, memasangnya sebagai / dan menjalankan / init. Program init biasanya berupa skrip shell. Perhatikan bahwa proses booting lebih lama, mungkin jauh lebih lama, jika initramfs digunakan.

Untuk sebagian besar distribusi, modul kernel adalah alasan terbesar untuk memiliki initramfs. Dalam distribusi umum, ada banyak yang tidak diketahui seperti tipe sistem file dan tata letak disk. Di satu sisi, ini adalah kebalikan dari LFS di mana kemampuan dan tata letak sistem diketahui dan kernel kustom biasanya dibangun. Dalam situasi ini, initramf jarang diperlukan.

Yang juga menarik :
1 daripada 5

Cara Mengatasi Gagal Booting Ubuntu karena Masalah Initframs

Sudah dulu basa basinya menjelaskan apa itu initframs lebih jelasnya bisa di baca di wiki ubuntu .Kadang kala ubuntu system anda gagal booting, salah satu masalah umum adalah masalah masalah initframs, maksudnya drop to initframs bisanya akan tampil seperti ini:

cara mengatasi gagal booting ubuntu karena masalah initframs
image by : prognotes.net

Cara Mengatasinya

Solusi sederhananya adalah hanya mengetikkan perintah fsck /dev/sdax seperti ini dimana sdax diganti dengan nama device partisi root anda misal sda1 yang bisa anda cek dengan perintah lsblk kemudian mengetikkan jawaban Y jika console menanyakan untuk memperbaiki sesuatu

(initramfs) fsck /dev/sda1

atau

(initramfs) fsck /dev/sdaX

X diganti dengan letak partisi root anda

Jika anda tidak ingin mengetikkan y berkali kali, anda juga bisa menambahkan option -y

(initramfs) fsck /dev/sdaX -y

Kemudian

(initramfs) reboot

Dan saya harap masalah terselesaikan. Demikian info cara mengatasi gagal booting ubuntu karena masalah initframs.

Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Sumber wiki.ubuntu.com askubuntu.com prognotes.net
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja
Loading...