Cara Membuat posting Terjadwal di WordPress

Indahnya Berbagi:
  •  
  •  
  • 3
  •  
  •  

Tahukah sobat bahwa wordpress memiliki kemampuan untuk Membuat posting Terjadwal untuk dipublikasikan pada masa yang akan datang? Fitur yang sangat berguna ini sedikit tersembunyi, karena itulah mengapa banyak pemula wordpress bahkan tidak menyadari cara membuat posting terjadwal ini. 

Dengan Membuat posting Terjadwal di blog sobat, Sobat tidak perlu khawatir menerbitkan artikel sobat pada waktu tertentu. Sobat dapat menyelesaikan menulis dan menjadwalkannya untuk terbit di hari dan waktu yang sobat pilih. Sobat jadi punya banyak waktu untuk bersantai dan menikmati hidup.

Pada artikel ini, admin akan menunjukkan cara mudah Membuat posting Terjadwal di blog berbasis WordPress langkah demi langkah dan berbagi beberapa tip bonus untuk menggunakan fitur posting yang dijadwalkan di blog platform WordPress seperti professional (walau admin sendiri belomlah bisa di katakan blogger profesional) .

Cara Membuat posting Terjadwal di WordPress

Artikel ini akan admin bagi dalam beberapa point, intinya adalah semua Blog berbasis wordpress bisa Membuat posting Terjadwal baik wordpress.com dan wordpress.org (perbandingan antara keduanya bisa sobat baca disini).

Cara pertama, menggunakan fitur bawaan wordpress baik di web maupun di aplikasi wordpress untuk Android, cara ini bisa di aplikasi kan untuk wordpress.com dan wordpress self hosted (Kalo sobat berminat membuat wordpress self hosted gratisan bisa sobat baca disini).

Cara kedua, adalah dengan plugin, cara ini hanya bisa di aplikasi kan untuk wordpress self hosted atau wordpress.com premium.

Untuk memudahkan sobat berikut adalah point-point artikel ini, seperti biasa sobat bisa lompat ke point yang sobat inginkan.

  1. Mengapa Membuat posting Terjadwal itu penting.
  2. Cara Membuat posting Terjadwal dengan fitur bawaan wordpress.
  3. Cara Membuat posting Terjadwal dengan aplikasi wordpress untuk android.
  4. Cara Membuat posting Terjadwal dengan plugin schedule to publish.

1. Mengapa Membuat posting Terjadwal itu penting.

Untuk membuat blog yang sukses (walau blog ini belomlah bisa dikatakan sukses) , strategi terbaik adalah dengan membuat perencaan kalender editorial dan mempublikasikan artikel secara teratur.

Karena alasan itulah mengapa membuat posting terjadwal berguna. Anda bisa menulis artikel dengan kecepatan yang anda inginkan dan menjadwalkannya di kalender editorial Anda. Setelah selesai menulis, Anda bisa menjadwalkan posting yang akan dipublikasikan pada tanggal dan waktu tertentu.

Alasan lain membuat posting terjadwal adalah mendapatkan keuntungan dari jam lalu lintas puncak. Ada waktu tertentu dalam sehari ketika setiap situs web mendapat puncak traffic mereka. Dengan menerbitkan waktu itu, Anda dapat memanfaatkan lalu lintas yang ada untuk meningkatkan tampilan halaman Anda.

Sekarang jika Anda tinggal di zona waktu yang berbeda dari para pembaca anda, maka bisa jadi masalah. Bayangkan jika situs anda memiliki waktu traffic puncak seperti di jam 3 malam di mana anda tinggal. Membuat posting terjadwal bisa sangat berguna untuk ini.

Membuat posting terjadwal juga berguna saat anda sedang berlibur. Anda cukup menjadwalkan posting blog anda dan menikmati liburan tanpa mengkhawatirkan konten, menulis dan menerbitkan.

Sekarang setelah Anda memahami manfaatnya, mari kita sama-sama belajar bagaimana cara membuat posting terjadwal di blog wordpress Anda.

2. Cara Membuat posting Terjadwal dengan fitur bawaan wordpress.

Sangat mudah untuk membuat posting terjadwal di WordPress jika sobat tahu di mana letaknya. Setelah sobat selesai menulis posting blog, Anda lihat di bawah tab ‘Dokumen‘ di kolom kanan layar editor.

Di bawah panel ‘status & visibilitas‘, Anda klik link ‘Segera‘ atau “immediately” di sebelah pilihan ‘Publish‘. Hal ini akan menunjukkan tanggal dan waktu. Sobat bisa memilih tanggal dan jam untuk mempublish posting.

membuat posting terjadwal

Meta box status dan visibilitas

Sobat bisa memilih waktu yang akan datang untuk mempublikasikan post atau sobat juga dapat memilih tanggal sebelumnya menggunakan alat yang sama untuk mengembalikan posting blog Anda. Bila Anda memilih tanggal di masa yang akan datang, Anda akan melihat bahwa tombol publish di bagian atas akan berubah menjadi ‘Jadwalkan‘.

Lokasi pengaturan posting terjadwal

Meta box yang kita edit

Sobat tinggal klik tombol “terbitkan” yang telah berubah menjadi “Jadwalkan” untuk mulai menjadwalkan posting sobat di tanggal dan jam yang sobat pilih.

3. Cara Membuat posting Terjadwal dengan aplikasi wordpress untuk android.

Cara termudah dan teringan, jika sobat ngeblog cuma bermodalkan android untuk membuat posting terjadwal adalah dengan aplikasi wordpress for android yang pernah admin singgung di artikel aplikasi android ringan wajib install.

Setelah sobat selesai menulis artikel sobat klik 3 titik di pojok kanan dan pilih “pengaturan pos“.

Cara Membuat posting Terjadwal di WordPress di aplikasi wordpress for android

Cara Membuat posting Terjadwal di WordPress di aplikasi wordpress for android

Di sini sobat bisa memilih mempublikasikan langsung atau membuat posting terjadwal dengan memilih status.

cara membuat posting terjadwal

Pengaturan pos

Sobat bisa memilih tanggal dan jam untuk membuat posting Terjadwal sesuai tanggal dan jam yang sobat pilih.

4. Cara Membuat posting Terjadwal dengan plugin publish to schedule

Cara ini khusus bagi sobat yang memakai wordpress self hosted bukan wordpress.com. Bagi sobat yang ingin praktis setelah menulis sebuah posting tanpa memikirkan memilih hari, tanggal dan jam cukup menginstal plugin publish to schedule , cara install plugin bisa sobat baca disini.

Dengan plugin ini sobat bisa atur kapan mempublish dan berapa artikel yang akan terbit berikut jamnya.

Plugin publish to schedule

Interface di dasbor plugin publish to schedule


Apa yang harus dilakukan jika WordPress gagal menjadwalkan posting?

Untuk menjalankan tugas yang dijadwalkan, WordPress menggunakan sistem yang disebut WP CRON. Jika CRON tidak dapat dijalankan karena kesalahan konfigurasi di server WordPress Hosting Anda, maka posting terjadwal anda akan kehilangan jadwal dan tidak akan dipublikasikan. Jika Anda merasa blog Anda terpengaruh oleh ini, maka Anda dapat menginstal Plugin WP Missed Schedule yang Tersedia.

Plugin WP missed schedule

Plugin WP missed schedule

Bagaimana cara meng “cancel” jadwal posting yang sudah terlanjur terjadwal?

Sobat bisa saja meng “cancel” posting yang sudah sobat Jadwal kan untuk terbit. Dengan cara mengedit status dari yang tadinya “Terjadwal” menjadi “draft“.

Di editor WordPress default yang baru, Anda akan menemukan pilihan untuk beralih ke draft di bagian atas. Di editor klasik, Anda akan menemukannya di bawah kotak Meta Publish.

Setelah Anda mengubah posting yang dijadwalkan ke menjadi draft, sobat bisa melanjutkan mengerjakannya, atau Anda dapat mempublikasikannya lagi jika sobat mau.


Kami berharap artikel ini membantu Anda belajar cara membuat posting terjadwal di blog wordpress anda dengan mudah. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon berlangganan mailing list kami untuk mendapatkan update langsung ke inbox anda, atau sobat bisa juga berlangganan di social media kami. Terima kasih telah berkunjung.

<

p align=”justify”> 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: