3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Cara Install Usb Wifi di ubuntu dan turunannya

cara install usb wifi 802.11n driver di ubuntu dan semua distro turunannya

0 387

Pada artikel ini akan saya jelaskan cara install usb wifi di ubuntu dan turunannya. Saya sudah berhasil menginstal di linux mint tessa 32 bit dan kubuntu 18.04 64 bit, usb wifi dengan ID 0bda:f179 Realtek Semiconductor Corp. Pada saat saya membeli ada driver dalam CD, akan tetapi gagal saya install yang mungkin saja tidak akan ada masalah jika di install di win, inilah yang saya suka dari linux ada tantangan tersendiri, Saya berhasil menginstallnya setelah mengikuti panduan di forum ubuntu, untuk dokumentasi agar saya tidak lupa akan saya tulis di blog ini.

Awal cerita

Waktu itu saya membeli usb wifi di onlen shop karena saya pikir akan lebih mudah memakai wifi di pc jadul saya daripada harus memakai modem ataupun android usb tether, karena kalo pakai modem, speed tidak maksimal dan sering diskonek (modem saya jadul), kalau memakai kabel usb sering terputus (kabel saya agak longgar).

Waktu itu saya memakai manjaro di pc saya, setelah lama berjuang menginstall usb wifi saya yang baru saya beli. akhirnya GAGAL, saya pusing (maklum saya bukan ahli). Saya pun dengan berat hati kembali ke linux mint yang masih turunan ubuntu yang memiliki banyak sekali tutorial di internet. Untuk saat ini saya memakai kubuntu 18.04 64 bit meski bukan termasuk linux ringan yang saya rekomendasikan di artikel lalu.

USb wifi saya

Usb wifi yang saya beli berchipset realtek dengan ID 0bda:f179 Realtek Semiconductor Corp. Berikut adalah foto – fotonya:

Cara Install Usb Wifi di Ubuntu dan Turunannya

Ok, langkah pertama kita perbarui dahulu ubuntu kita dengan mengetik perintah di terminal kesayangan

sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade
Setelah itu kita install dulu dependency yang di butuhkan dengan perintah di terminal
Yang juga menarik :
1 daripada 5
sudo apt-get install build-essential git dkms linux-headers-$(uname -r)
Menurut pengalaman waktu itu saya lagi males mengikuti tutor install dependency akibatnya adalah error, setelah itu kita clone dulu file dari github dengan perintah. Usb wifi saya adalah realtek 8188fu, silahkan sobat mencari driver sesuai milik sobat, bisa di cari di link ini lalu sesuaikan perintahnya:
git clone https://github.com/kelebek333/rtl8188fu
Setelah selesai kita install dengan perintah:
sudo dkms add ./rtl8188fu
sudo dkms build rtl8188fu/1.0
sudo dkms install rtl8188fu/1.0
sudo modprobe rtl8188fu
hasil intall usb wifi, dan berhasil konek

Saya harap tips sederhana ini dapat membantu sobat yang mengatasi permasalahan install usb wifi realtek ini. Akan tetapi sampai artikel ini saya tulis saya belom berhasil menginstal driver ini di manjaro, driver berhasil terinstall bisa mendeteksi sinyal wifi di sekitar akan tetapi gagal konek walau password saya yakin benar.

mungkin ada sobat yang telah berhasil menginstall usb wifi realtek ini di manjaro, jangan sungkan berbagi dengan saya.

Sumber askubuntu.com
Subscribe ke email newsletter
Subscribe ke email newsletter
Daftar untuk mendapat artikel terbaru, update aplikasi dan Ebook gratis langsung dari Inbox.
Anda bisa unsubscribe kapan saja

Tinggalkan balasan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

four × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.