3bce2dbaf14ad6b16ba785410d5218929bb7486f
Hanya Berbagi Berbagi dan Berbagi

Cara install plugin di WordPress dengan mudah

[dropcap]P[/dropcap]lug-in adalah sebuah program yang menambah fungsionalitas sebuah program utama. Program utama biasanya memberikan semacam antarmuka (interface) agar plug-in dapat berinteraksi dengan program utama. Kalo di wordpress contohnya seperti: Jetpack, yoast SEO, buddypress dll. Untuk blogger senior menginstal plugin adalah hal yang sangat mudah, lain hal dengan blogger pemula mungkin masih agak bingung. Di artikel ini admin akan berbagi tutorial cara install plugin di WordPress dengan mudah (Step by step).

Cerita Singkat WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software) dan dilisensikan di bawah GPLv2 Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress menjadi engine yang powerfull terutama karena dukungan plugin yang saat ini tersedia di direktory wordpress, tersedia lebih dari 54.000 plugins baik yang open source, freeware, shareware maupun proprietary (penjelasannya bisa sobat baca disini). WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress merupakan platform pilihan untuk lebih dari 33% dari semua situs di seluruh Web, termasuk blog ini yang sedang sobat baca. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya .

Pembatasan.

Tutorial ini hanya bisa di terapkan di wordpress self hosted atau wordpress.org dan tidak bisa di aplikasi kan di wordpress.com mengenai perbandingan antara keduanya bisa sobat baca di artikel perbedaan wordpress.com dan wordpress.org. Jika wordpress sobat jenis multisite juga tidak bisa jika anda bukanlah administrator, artinya hanya administrator yang bisa install plugin di WordPress untuk di gunakan global.

Cara Install plugin di WordPress.

Ada banyak cara untuk install plugin di WordPress. Saya akan menjelaskan sebatas yang saya tahu. Seperti biasa artikel akan saya bagi menjadi beberapa point, untuk memudahkan sobat membaca, link di bawah akan membawa sobat ke point yang di maksud.

  1. Cara install plugin di WordPress melalui dasbor wordpress.
  2. Cara install plugin di WordPress melalui FTP.
  3. Cara install plugin di WordPress melalui aplikasi wordpress untuk Android.

1. Cara install plugin di WordPress melalui dasbor wordpress.

Cara termudah untuk install plugin di WordPress adalah melalui dasbor admin wordpress.

a. Dengan install melalui direktory plugin wordpress di halaman admin wordpress.

Yang juga menarik :
1 daripada 2
  1. Klik plugin.
  2. Tambah baru.
  3. Silahkan sobat pilih plugin yang tersedia, atau sobat cari plugin yang sobat inginkan melalui kotak pencarian.
    Cara install plugin di WordPress dengan mudah melalui dasbor admin
    Kotak pencarian plugin di dasbor wordpress
  4. Klik install dan tunggu sampai tombol berubah jadi aktifkan
  5. Klik aktifkan.
  6. selesai. mudah dan simple bukan.

b. Dengan upload file zip melalui dasbor wordpress.

Jika sobat tidak ingin menginstal dari direktory plugin wordpress atau sobat mempunyai plugin sendiri, milik sendiri atau dari pihak ketiga, sobat bisa menginstalnya dengan mudah.

  1. Dari dasbor wordpress klik plugin.
  2. Tambah baru.
  3. Di atas daftar ikon-ikon plugin dari direktory wordpress tadi (cara a di atas), sobat klik unggah plugin.
    install plugin di WordPress dengan upload file zip
    Cara install plugin di WordPress dengan upload file zip
  4. Pilih file.
    install plugin di WordPress
    Pilih file untuk di upload
  5. Lalu sobat cari file zip plugin sobat dan pilih.
    Cara install plugin di WordPress dengan mudah dengan upload lewat dasbor admin
    Pilih file untuk di upload
  6. Upload.
  7. Lalu aktifkan.
  8. Selesai.

2. Cara install plugin di WordPress melalui FTP.

Cara ini hampir sama dengan cara upload lewat dasbor wordpress cuma bedanya kita upload file plugins melalui ftp. Syaratnya tentu harus memiliki software ftp nya dulu, kalo saya cuma mengandalkan android pake x-plore (dulu pernah saya singgung di artikel aplikasi android ringan wajib install)

  1. Buka aplikasi x-plore.
  2. Tap ftp.
  3. Kalo server blom ada di setting dulu, tambah server lalu masukkan data host, username dan password. Biasanya ada di cpanel hosting masing2 (saya anggap sobat sudah paham, saya gak akan menulisnya disini, jika blom jelas silahkan tanyakan di komentar).
    install plugin di WordPress dengan upload melalui FTP
    Pengaturan server FTP
  4. Ekstrak file zip plugins sobat, lalu upload ke /public_html/wp_content/plugin. Untuk folder public_html bisa berbeda tergantung Hosting milik sobat masing-masing.
    install plugin di WordPress dengan upload file FTP
    Lokasi file zip plugin harus di upload
  5. Aktifkan plugin lewat dasbor wordpress >>plugins >>plugins terpasang, atau bisa juga di aktifkan melalui aplikasi wordpress untuk Android.

3. Cara install plugin di WordPress melalui aplikasi wordpress untuk Android.

Jika sobat adalah Blogger yang cuma mengandalkan hp untuk mengelola blog, sobat gak sendiri karena saya juga. Di artikel lalu tentang aplikasi android ringan wajib install pernah saya singgung tentang wordpress for android. Ini adalah aplikasi yang ringan dan memudahkan untuk menulis konten blog.

Tapi tahukah sobat aplikasi ini juga bisa untuk install plugin di WordPress. Tapi ya itu tadi syaratnya adalah jenis wordpress self hosted dan jika ingin plugin auto update sobat harus install plugin Jetpack dan punya akun wordpress.com (kalo mau coba wordpress self hosted yang gratisan bisa sobat baca disini), karena walaupun sobat memakai wordpress.com pun tab plugin ada tapi tidak bisa di install, harus di upgrade. Ok cukup basa basinya langsung caranya:

  1. Sobat buka aplikasi wordpress di Android sobat.
  2. Tap plugin.
    Cara install plugin di WordPress dengan mudah lewat aplikasi android
    Tampilan plugin di aplikasi wordpress for Android
  3. Sobat cari plugin yang di inginkan.
    Cara install plugin di WordPress dengan mudah melalui aplikasi android
    Tampilan daftar plugin di aplikasi wordpress for Android
  4. Install dan aktifkan.

Menginstall plugin akan menambah fungsi dari wordpress itu sendiri tapi menginstall banyak plugin akan menambah beban resources Hosting kita apalagi menginstal plugin yang memiliki fungsi yang hampir serupa.

Saya rasa cukup artikel kali ini pasti banyak kesalahan di tulisan ini, saya mohon maaf. Jika ada yang kurang jelas jangan sungkan untuk menuliskan di kolom komentar.

Subscribe to our newsletter
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Increase your website's conversion rate with messages like this. Calls to Action.
Hey psst!...Start selling today
Get MasterPopups
Contact Us
Or
Powered by MasterPopups
Your offer is still here!