Cara backup dan restore wordpress dengan softaculous

Indahnya Berbagi:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cara backup dan restore wordpress dengan softaculous

السّلام عليكم ورحمةالله وبركته….

Pada postingan lalu cara backup dan restore website wordpress menggunakan cpanel hosting telah saya jelaskan cara backup dan restore website wordpress menggunakan cpanel, seperti janji saya dulu ada banyak sekali cara backup dan restore website, di artikel ini akan saya jelaskan cara backup dan restore website wordpress dengan softaculous, seperti kita tahu softaculous adalah software untuk menginstal CMS macam wordpress, jomla, dll. Tapi tahukah sobat jika softaculous tidak hanya untuk instalasi software dengan sekali klik, tapi bisa juga untuk backup dan restore instalasi WordPress sobat.

Apa itu backup…?

Sebelum melanjutkan kita harus tahu dulu apa itu tindakan backup, Backup yaitu tindakan pengamanan file – file penting website wordpress kita baik itu file CMS maupun file database jika sewaktu – waktu terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Mengapa perlu backup….?

Karena kita tidak tahu andai saja terjadi sesuatu terhadap website wordpress kita, entah error server ataupun serangan cracker, tentu kita tidak ingin hasil jerih payah kita membangun website dari nol hilang begitu saja. Kita juga memerlukan file backup website wordpress kita jika sobat hendak migrasi server hosting.

Lalu bagaimana caranya….?

Sebenarnya ada banyak cara dalam backup file penting website wordpress kita tapi intinya yang kita backup ada tiga point inti, yaitu:

  1. Folder wp-content di folder ini berisi data file – file media kita dari gambar suara dan video, file plugin, terjemah bahasa, thema dan semua pengaturan thema, dll.
  2. File wp-config berisi pengaturan CMS wordpress yang terhubung dengan My sql database.
  3. File database My sql.

Bagaimana Cara Backup dan Restore Website WordPress Dengan Softaculous.

Bahan bahan yang di perlukan:

  1. Website yang sudah jadi dan online. Kalo blom ada sobat bisa buat dulu disini saya ada artikel bagaimana membuat blog dengan hosting unlimited dan domain gratis.
  2. Username dan password cpanel hosting, biasanya Username dan password akan di beri oleh pihak hosting yang sobat sewa, kalo saya pada website kangsoel.web.id yang anda baca pada saat ini di host ke indowebsite.

Langkah – langkah backup:

1. Silahkan sobat akses melalui browser link cpanel yang di berikan oleh pihak hosting, biasanya lewat email sewaktu sobat mendaftar.

Cara backup dan restore wordpress dengan softaculous

Softaculous apps installer

2. Sobat klik di menu cpanel aplikasi softaculous apps installer.

Cara backup dan restore wordpress dengan softaculous

Softaculous menu

3. Sobat klik all instalation di menu bagian kanan atas atau sobat klik icon instalation nanti akan muncul list instalasi, jika tidak berarti sobat tidak menginstal wordpress melalui softaculous.

Cara backup dan restore wordpress dengan softaculous

List all instalation

4. Sobat klik ikon backup untuk memulai proses backup.

Cara backup dan restore wordpress dengan softaculous

Backup option

5. Proses backup di mulai, sobat bisa menambahkan notes kalo mau.

Cara backup dan restore wordpress dengan softaculous

Backup proses

Langkah – langkah restore:

Untuk merestore sobat login ke cpanel hosting lalu masuk ke aplikasi softaculous lalu klik ikon backup anda restore di menu kanan atas.

backup dan restore wordpress dengan softaculous

Menu backup and restore

Untuk membackup sobat klik ikon restore atau ikon refresh.

backup dan restore wordpress dengan softaculous

List backup file

Demikian artikel tentang cara backup dan restore website wordpress dengan softaculous dengan konten artikel saya sendiri sedangkan konten gambar sebagian dari wordpress tutorial.

Jika ada salah saya mohon maaf, seperti biasa saya tunggu kritik, saran dan makiannya di kolom komentar.

والسّلام عليكم ورحمةالله وبركته……

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: